in

Pesanan 38 Unit GeNose Diantar Rektor UGM, Ganjar: Tak Langsung Digunakan

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sebanyak 38 unit GeNose yang dipesan Gubernur Ganjar Pranowo, beberapa waktu lalu akhirnya datang. GeNose diantar langsung Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Panut Mulyono di rumah dinas Gubernur Jateng di Semarang, Jumat (19/3/2021) malam.

Selain alat GeNose yang sebelumnya telah dipesan, UGM juga memberikan 3.800 kantong napas. Dengan tambahan 38 unit ini, berarti Ganjar Pranowo sudah punya total 40 unit GeNose.

“Semoga ini bermanfaat Pak, dan semoga bisa digunakan sebaik-baiknya,” harap Rektor UGM didampingi Wakil Rektor UGM Paripurna Poerwoko Sugarda dan tim GeNose.

Baca juga: Daop 6 Tambah Layanan GeNose di Stasiun Lempuyangan Akhir Pekan Ini

Sementara itu, Ganjar senang pesanan GeNose yang dilakukan beberapa waktu lalu sudah tiba di Semarang. “Luar biasa ini 38 (unit) GeNose sudah datang, diantarkan sendiri oleh Pak Rektor, Pak Wakil Rektor dan tim (GeNose C19) ikut mengantar sendiri,” terangnya.

Dikatakan, pihaknya tidak akan langsung mendistribusikan 40 unit GeNose C19 yang sudah diterima. Pelatihan operator GeNose akan dilakukan terlebih dahulu.

Baca juga: Semua Peserta Popda Jateng Wajib Tes GeNose Sebelum Ikuti Kompetisi

“Nanti tahap pertama kita akan melakukan pelatihan dulu pada kawan-kawan, untuk menggunakan meskipun saya tahu tidak terlalu sulit itu hanya cukup diinstal saja,” jelasnya.

Setelah melakukan pelatihan operator GeNose, selanjutnya menghitung titik pendistribusian dengan menilai tingkat kedaruratan atau kepentingan dari penggunaan alat pendeteksi Covid-19 ini.

“Umpama kalau kita ada rapat, ada pertemuan cukup ramai, ada tamu yang cukup ramai maka ini bisa dimanfaatkan atau pada daerah-daerah. Umpama ini agak emergency di daerah tertentu, ada daerah yang membutuhkan tracing yang cepat, ini bisa kita gerakkan. Karena kan bisa mobile dengan cepat, nanti biar Pak Kadinkes lah yang mengatur,” tegasnya.

Baca juga: Lakukan Langkah Ini agar Hasil Tes GeNose C19 Lebih Akurat

Lebih lanjut, gubernur berambut putih ini berharap UGM dengan pihak yang memproduksi bisa melakukan percepatan. Sehingga, jika produksi bisa lebih cepat maka pihaknya dapat menambah pesanan unit GeNose C19.

“Jadi kita masih keep dulu karena produksinya juga masih sangat terbatas. tadi pak rektor juga menyampaikan lagi on going, kerjasamanya agar bisa dilakukan percepatan produksi,” tandasnya. (*)

editor : tri wuryono

Ajie MH.