in

Persikabo vs PSIS: Menang 3-2, Mahesa Jenar Naik ke Peringkat 4

Carlos Fortes, Vitinho, Gali Freitas dan Taisei Marukawa untuk kali pertama diturunkan bersamaan sejak awal pertandingan.

Carlos Fortes mencetak satu gol saat PSIS mengalahkan Persikabo 1932 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Jumat (20/10/2023). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

CIKARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang sukses mengalahkan Persikabo 1973 pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Jumat (20/10/2023). Sempat tertinggal di awal babak pertama, Mahesa Jenar mampu menuntaskan pertandingan dengan skor 3-2.

Meski berstatus tim tamu, PSIS mencoba bermain ofensif. Carlos Fortes, Vitinho, Gali Freitas dan Taisei Marukawa untuk kali pertama diturunkan bersamaan sejak awal pertandingan. Boubacary Diarra dan Lucas Gama melengkapi enam pemain asing Mahesa Jenar yang tampil sebagai starter.

Tuan rumah justru kehilangan Dimas Drajad yang masih dibekap cedera. Perannya di lini depan digantikan oleh Yandi Sofyan. Pada laga ini, pelatih Persikabo Aji Santoso hanya memainkan tiga pemain asing, Pedrinho, Kaishu Yamazaki dan Jose Varela.

Persikabo lebih dulu membuka peluang lewat sundulan Andi Setyo di menit ke-8. Bek Timnas Indonesia itu meneruskan umpan Pedrinho dari sayap kiri namun sundulannya bisa diamankan penjaga gawang Adi Satryo.

Permainan ofensif PSIS justru kerap mendatangkan masalah di lini pertahanan. Jose Varela dan Pedrinho beberapa kali merepotkan Wahyu Prasetyo dkk lewat kedua sisi sayap.

Yandi Sofyan berhasil memberi keunggulan tuan rumah di menit ke-14. Dari sepak pojok, Pedrinho mengirim umpan ke mulut gawang yang dituntaskan dengan sundulan oleh Yandi Sofyan. Meski tidak terlalu keras, Adi Satryo gagal mengantisipasi bola yang bergulir ke pojok kiri gawang.

Gol Yandi Sofyan melecut anak asuh Gilbert Agius untuk meningkatkan intensitas serangan. Percobaan Carlos Fortes dari tendangan bebas di menit 26 masih mampu ditepis Syahrul Trisna.

Semenit kemudian, Yandi Sofyan menciptakan ancaman melalui sepakan dari luar kotak penalti. Kali ini Adi Satryo sigap menepis bola.

Taisei Marukawa membuang peluang emas di menit ke-36. Kerja keras Gali Freitas di sisi kanan diteruskan ke arah Marukawa, namun eksekusi winger Jepang itu melayang di udara.

Marukawa membayar tuntas kesalahannya dengan gol di menit ke-38 usai meneruskan assist Fredyan Wahyu Sugiantoro. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Mahesa Jenar berbalik unggul saat babak kedua berumur empat menit. Vitinho melepaskan umpan silang dari sisi kiri dan mampu dijangkau oleh Gali Freitas untuk menaklukkan Syahrul Trisna.

Tim tamu semakin menjauh setelah Carlos Fortes mencetak gol ketiga PSIS di menit ke-55. Freitas melesakkan bola lewat sepakan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dihentikan oleh Syahrul Trisna.

Keunggulan tersebut tidak mengurangi tekanan pemain PSIS. Mereka beberapa kali menciptakan peluang namun gagal menambah gol.

Laskar Padjadjaran sempat menghidupkan harapan ketika pemain pengganti Roni Sugeng menjebol gawang Adi Satryo di menit ke-80. Di menit akhir injury time, Persikabo nyaris menyamakan kedudukan. Lucky Oktavianto melepaskan tendangan dari jarak jauh namun bisa dimentahkan Adi Satryo.

PSIS sukses mempertahankan keunggulan sekaligus menjadi kemenangan tandang kedua musim ini. Hasil tersebut membawa Mahesa Jenar naik ke peringkat keempat dengan poin 27. Sementara Persikabo belum beranjak dari peringkat ke-17.

Tri Wuryono