in

Pengurus Komite Ekonomi Kreatif Jateng Periode 2023-2028 Dilantik

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dalam kesempatan tersebut, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko, mewakili PJ Gubernur Jateng, Nana Sudjana melantik 12 pengurus Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Jateng periode 2023-2028 Gedung BPSDMD Jateng, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Sujarwanto juga memberikan pesan terhadap kepengurusan KEK Jateng untuk 5 tahun ke depan. “Semoga dengan dilantiknya kepengurusan ini, benar-benar bisa mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif di Jawa Tengah, pastinya semakin maju dan berkembang. Dan diharapkan bisa berdampak langsung pada perekonomian di Semarang,” harapnya.

Harapan tersebut bertumpu pada 17 sub sektor ekonomi kreatif yang telah ada di Jateng. Seperti  kuliner, kriya, fashion, aplikasi, game, desain interior, musik, arsitektur, desain komunikasi visual, penerbitan, seni rupa dll.

“Kalo kita cermati, masing-masing memiliki label. Saya berharap pengurus segera menyusun program kerja yang menjadi kebutuhan komite, dan kemudian segera dilaksanakan,” tuturnya.

Berpijak dari kepengurusan sebelumnya, Sujarwanto meyakini bahwa para pengurus sudah memiliki pengalaman berdasarkan temuan hingga kendala yang dilalui pada periode sebelumnya.

Ia menegaskan bahwa kek diharap lebih intens melakukan intermediasi dan koordinasi dengan dinas terkait, supaya segala program kerja dan tujuan memajukan ekonomi kreatif bisa berjalan dengan lancar ke depan.

Tak lupa, Sujarwanto mengucapkan selamat atas terbentuknya 27 Komite Ekonomi Kreatif di seluruh daerah di Jateng.

Sementara itu, Ketua KEK Jateng Ahmad Khairudin atau yang kerap disapa Adin mengungkapkan, upaya para pengurus untuk membangkitkan ekonomi kreatif di melalui KEK Jateng, bukanlah hal yang singkat.

Mengingat, mereka mulai merintis dari tahun 2019 dan akhirnya disahkan melalui Perda dan Pergub, hingga bisa merasakan pelantikan secara resmi pada akhir tahun 2023 ini.

“Selama kurang lebih 5 tahun belakangan, lebih banyak berjibaku dengan regulasi dan kelembagaan dan sudah ada 27 kab/kota sebagai jaringan,” ungkapnya.

Karena itu, Adin menjelaskan bahwa agenda pelantikan yang masuk dalam acara Jateng Creative Fest ini, sekaligus melibatkan seluruh perwakilan dari Komite Ekonomi Kretif Kabupaten/Kota, maupun para perwakilan dinas terkait dari masing-masing daerah.

Harapannya, selain memberikan ruang untuk tatap muka dan disksusi secara langsung melalui forum, serta adanya konektivitas yang terbangun nantinya antara tujuan dari program kerja KEK Jateng dengan komite dari Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Tengah. Termasuk menawarkan setiap daerah secara sukarela untuk menjadi bagian dari festival kali ini.

“Ini adalah festival pertama kami, kami menawarkan seluruh kab/kota secara sukarela untuk menjadi bagian jadi festival Jateng Creative Fest,” kata Adin.

Dalam acara yang diselingi beberapa hiburan seperti tari dari Sanggar Kamulyan Sinduredja Banyumas, penampilan musik dari Ufuk Utara, penganugerahan pemenang lomba film dokumenter “Jateng Kaya Beragam” dan pemutaran Juara I dari sayembara film tersebut, ditutup sekitar pukul 23.00 WIB.

Dua belas anggota KEK Jateng yang dilantik adalah Ahmad Khirudin sebagai Ketua KEK Jateng, Bambang Supradono,m sebagai Wakil Ketua, Novita Dwi Parastuti sebagai Sekretaris I, Kesit Agung Wijanarko sebagai Sekretaris II.

Kemduian Dony Hendro Wibowo sebagai Koordinator Bidang Infrastruktur dan Kawasan Kreatif. Rosihan Widi Nugroho sebagai Koordinator Bidang Pengembangan Kebijakan, Regulasi dan HKI, Ika Permatasari sebagai Bidang Koordinator Jejaring Kabupaten/Kota Korda Kedu, Doni Prasetio sebagai Bidang Koordinator Jejaring Kabupaten/Kota Korda Banyumas.

Alif Danan Abdul Fatir sebagai Bidang Koordinator Jejaring Kabupaten/Kota Korda Solo Raya, Abdul Ershad Salam sebagai Bidang Koordinator Jejaring Kabupaten/Kota Korda Kedungsepur. Tries Supardi sebagai Bidang Koordinator Jejaing Kabupaten/Kota Korda Kedungsepur, dan Kury Yusuf sebagai Bidang Koordinator Jejaring Kabupaten/Kota Korda Kedu. (*)

Ajie MH.