in ,

Pemprov Minta Bandara New Ahmad Yani Kelar Maret

SEMARANG – Pemprov Jateng mendesak agar Bandara New Ahmad Yani Semarang bisa dioprasikan Maret 2018. Meski tergolong mustahil, tapi pihak PT Angkasa Pura I yang mengoperasikan bandara, pernah mengeluarkan komitmen bisa digunakan saat arus mudik Lebaran tahun ini.

“Komitmennya kan Maret 2018 harus selesai. Sebenarnya kalau fisik bandara saja di apron tidak ada soal, tapi aksesnya saja yang harus melewati di PRPP,” jelas Sekda Jateng, Sri Puryono, Selasa (23/1/2018).

Dikatakan, pihaknya akan terus memantau setiap perkembangan proyek konstruksi pengembangan bandara. “Maret ya selesai fisik tuntas. Kalau dilihat sekarang memang sulit jadi, tapi ketika saya tanya katanya sudah disiapkan dan tingal masang,” tegasnya.

Sebenarnya, target dari pihak pelaksana proyek adalah dapat dimanfaatkan Juli 2018 atau saat mudik Lebaran tahun ini. Tapi, berdasarkan komitmen yang juga disampaikan ke pemerintah pusat, Maret mendatang harus sudah dapat diselesaikan.

Anggota Komisi D DPRD Jateng, Benny Karnadi menambahkan, bandara yang ada saat ini sebagai bandara internasional memang tidak layak. Akses menuju lokasi tidak lebar, parkir terbatas, sehingga ketika ada penumpang yang terburu-buru selalu menemukan kendala.

“Solo sudah bagus, tapi Semarang sebagai ibukota harus lebih bagus mestinya. Pemerintah pusat harus lebih intensif dalam penganggaran dan pengawasan, bandara kan pintu masuk Jateng,” tandasnya. (ajie mh)

Editor: Ismu Puruhito