in

Pantura Timur Jateng Masih Zona Merah Covid-19

SEMARANG (jatengtoday.com) – Penyebaran virus corona di wilayah Pantura Jateng masih tinggi dibanding wilayah Pantai Selatan. Meski begitu, tes Covid-19 tetap dilakukan secara merata.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo menuturkan, saat ini sudah ada sekitar 138.500 tes swab Covid-19 di wilayahnya. “Kami berusaha mengarah ke sana (testing) bertahap sesuai dengan kemampuan dan kapasitas. Juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan provinsi lain. Anggarannya besar, maka bertahap,” terangnya, Senin (3/8/2020).

Dari datanya, angka reproduksi efektif (Re/Rt) minggu ke 31 meningkat secara terus menerus dalam empat minggu terakhir. Re/Rt di atas 1 bertambah 6 menjadi 25 dari 34 Kabupaten/Kota.

Penambahan ini hampir di semua daerah. Kabupaten Jepara tertinggi dan tidak jelas klaster penularannya. Yulianto pun melakukan testing dan tracing di wilayah tersebut. Itu merupakan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah yang masih tinggi.

“Sekarang kita melakukan tracing dan testing di sana. Karena ditemukan kasus di Sekretariat Dewan, DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan Satpol PP,” tandasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto