in

Pantau Kondisi Ketenagakerjaan di PT Tong Tji, Begini Pesan Presiden Jokowi

TEGAL (jatengtoday.com) – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi PT Tong Tji Tea Indonesia di Desa Padaharja, Kecamatan Kramat, Kabupeten Tegal, Rabu (3/1/2024).

Kehadiran Jokowi bersama sejumlah menteri di pabrik teh yang didirikan tahun 1938 itu, untuk silaturahmi dengan karyawan sekaligus memantau kondisi ketenagakerjaan di perusahaan tersebut.

Jokowi mengatakan, PT Tong Tji Tea Indonesia merupakan perusahaan yang sangat spesifik, yaitu memproduksi teh dengan cita rasa khas Indonesia. Bahkan, ketika masuk kawasan pabrik aroma wangi teh sudah tercium.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menceritakan pengalaman saat meminum es teh merk Tong Tji bersama Presiden Korea Selatan di sebuah mal di daerah Bogor, Jawa Barat.

“Saya pernah spontan mengajak Presiden Korea Selatan masuk mal di Bogor, kemudain beliau bilang haus, lalu saya ketemu outlet Teh Tong Tji dan langsung minum di situ,” katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Tong Tji Tea, Tatang Budiono mengatakan, total jumlah karyawan sekitar 4 ribu orang yang terbagi di berbagai bagian unit kerja. Bahkan, seluruh karyawan sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk kesejahteraan karyawan, selain gaji layak sesuai dengan aturan, juga memberikan makan siang, BPJS, serta fasilitas-fasilitas yang terus kami benahi,” katanya.

Saat awal memproduksi teh dalam kemasan gelas, kata dia, sempat dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Namun, produk teh gelas sangat disukai masyarakat Indonesia, dan telah menghidupkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain memproduksi teh serbuk dan teh celup, Tong Tji juga mengembangkan produk teh kekinian, seperti teh tematik atau teh lima detik, dan teh kemasan gelas untuk menyasar generasi milenial. (*)

Ajie MH.