in

Pandemi Corona, Pelaku UMKM Justru Lahirkan Inovasi dan Kreasi Produk Baru

SEMARANG (jatengtoday.com) – Nyaris semua sektor usaha goyah diterjang pandemi Covid-19. Tak hanya pengusaha besar, pelaku UMKM pun terkena dampaknya. Tapi uniknya, dari kondisi ini, inovasi dan kreasi produk-produk UMKM justru banyak bermunculan.

Hal tersebut diungkapkan Senior Public Policy and Government Relations Lead Tokopedia, Hilmi Andrianto, saat menjadi narasumber webinar ‘Nongkrong Bareng Pertamina-Nobaper’, Kamis (10/9/2020).

“Jadi banyak improvisasi dan inisiasi yang dilakukan para pelaku usaha. Menjadi lebih kreatif dan menghasilkan produk-produk yang belum pernah ada sebelumnya agar usaha mereka tetap bertahan,” terangnya.

Dari pengamatannya, ada salah satu usaha lokal yang hampir memutus hubungan kerja 80 persen karyawan. Tapi karena adanya improvisasi dan kreatifitas maka hal tersebut tidak dilakukan.

“Sebagai salah satu e-commerce di Indonesia, Tokopedia juga terus menjadi jembatan bagi pembeli dan penjual terutama UMKM untuk bersama-sama survive,” tandasnya.

Unit Manager Communications & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti menuturkan, webinar ini dikemas dalam bentuk edukasi mengenai cara menyintas pandemi secara virtual kepada pekerjanya serta stakeholder media dan mitra binaan UMKM Pertamina l.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sebagai sarana Pertamina berinteraksi, berkomunikasi serta memberikan edukasi kepada stakeholder internal maupun eksternal,” paparnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto