in

Niatnya Melaut, Dua Nelayan Malah Temukan Mayat Tanpa Kepala

GORONTALO (jatengtoday.com) – Nelayan Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) digegerkan dengan penemuan mayat tanpa kepala yang mengapung di perairan bagian barat kabupaten tersebut.
Kecamatan Tolinggula berada di wilayah barat Kabupaten Gorontalo Utara, dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam dari pusat ibu kota kabupaten di Kecamatan Kwandang.
Camat Tolinggula, Rizal Kune mengatakan, dia baru mendapat laporan dari dua orang nelayan Tolinggula yakni Ramin Hilumalo (49) dan Risan Hilumalo (19) tentang temuan mayat tersebut, sekitar pukul 15.00 Wita, setelah keduanya kembali dari melaut.
Mayat ditemukan pada Senin (9/12) sekitar pukul 11.00 Wita, saat keduanya baru menempuh setengah perjalanan untuk melakukan aktivitas menangkap ikan.
Namun jarak tempuh yang cukup jauh sekitar 32 mil dari pantai atau selama 3 jam menggunakan mesin tempel, membuat kedua nelayan tersebut memilih melakukan aktivitasnya terlebih dulu.
Menurut Rizal Kune, informasi dari keduanya, mereka sulit melakukan evakuasi karena tidak memiliki peralatan seperti karung, terpal, ditambah gangguan ombak besar.
“Mereka baru menginformasikan penemuan mayat tanpa kepala diperkirakan berjenis laki-laki itu, setelah pulang dari melaut,” ujarnya, Rabu (11/12/2019).
Pemerintah Kecamatan langsung mengkoordinasikannya ke Pemerintah Kabupaten dan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Kepolisian setempat dan menyebarluaskannya melalui sosial media, untuk menindaklanjuti penemuan itu.
Menurut informasi, tim dari BPBD, sudah bergerak menuju pantai Tolinggula, termasuk tim SAR Gorontalo. Namun evakuasi masih sulit dilakukan saat malam hari, mengingat ombak tinggi melanda perairan tersebut. (ant)
editor : tri wuryono