in

Mulai Dibangun, Padma Piazza Digadang-gadang Jadi Pusat Kuliner dan UMKM di Semarang Barat

SEMARANG (jatengtoday.com) – PT. Graha Padma Internusa, yang selama ini dikenal masyarakat sebagai pengembang kawasan perumahan Graha Padma seluas 347 Hektare yang berlokasi di Semarang Barat pada Sabtu (14/10/2023) meluncurkan produk bisnis terbarunya, yaitu Padma Piazza.

Acara groundbreaking Ceremony pembangunan Padma Piazza secara simbolis ditandai dengan peletakan batu pertama oleh  Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti didampingi Direktur Utama PT Graha Padma Internusa, Hendro Setiadji beserta jajarannya.

Direktur Utama PT. Graha Padma Internusa, Hendro Setiadji dalam sambutannya menjelaskan, bahwa acara groundbreaking Padma Piazza ini sekaligus sebagai penanda awal dimulainya project pembangunan Padma Piazza.

Menurut dia, rencana pembangunan akan di bagi dalam tiga fase yaitu fase pertama pembangunan  commercial retail, fase kedua pembangunan thematic restaurant dan fase ketiga adalah pembangunan jogging track, play ground serta urban farming atau activity centre.

“Selain itu kedepannya PT. Graha Padma Internusa juga akan me-rekonsep The Club (eksisting club house) dengan perencanaan yang terkoneksi dengan Padma Piazza,”terangnya.

Padma Piazza sendiri, lanjut dia, adalah sebuah retail komersial seluas tiga hektare, yang terletak di jantung keramaian kawasan perumahan Graha Padma dan dirancang dengan mengusung konsep Integrated Hub & Environmental Awareness yaitu open space retail dengan area dua lantai dan  mempunyai  luas bangunan (GFA +- 15.000 sqm), luas area sewa (NLA +- 10.000 sqm).

“Padma Piazza mampu menampung kurang lebih 40 tenant (anchor, speciality dan island) dan dilengkapi fasilitas pendukung, seperti toilet umum, mushola, lift pengunjung, lift barang, escalator, parkir area untuk sekitar 500 mobil dan 60 motor, juga fasilitas lainnya seperti keamanan dan kebersihan,”imbuhnya.

Padma Piazza ditargetkan dapat mulai beroperasi pada kuartal kedua tahun 2024 dan diharapkan mampu menghadirkan sebuah pengalaman baru untuk memenuhi gaya hidup masyarakat Semarang, khususnya kawasan Semarang barat yang notabene telah menjelma menjadi kawasan perkotaan yang sangat berkembang.

“Potensi Kota Semarang sendiri belakangan ini cukup signifikan dengan banyak dibangunnya infrastruktur kehidupan mulai dari perumahan, pusat perbelanjaan hingga rumah sakit. Tentu ini menjadi berita baik di saat banyak investor mulai berdatangan ke Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang ini,”jelasnya.

Adapun tenant-tenant yang direncanakan dapat melengkapi tenancy mix di Padma Piazza ialah supermarket, coffee shop & family resto, speciality tenant hingga lifestyle & thematic restaurant.

Di luar itu Padma Piazza juga menawarkan experience baru dengan konsep pet café yang sedang marak belakangan ini dan beberapa atraksi menarik seperti picnic spot, little zoo hingga urban farming yang tentu sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan juga rekan bisnis.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyambut baik dengan adanya pembangunan Padma Piazza ini, dan harapannya menjadi destinasi wisata kuliner baru di Kota Semarang. Menurut, Wali Kota Semarang, apalagi Padma Piazza ini dikonsep dengan luar biasa.

“Nantinya, akan memberikan fasilitas yang representatif untuk wisatawan, maupun warga yang akan mencari berbagai macam kuliner khas Semarang, maupun tempat nongkrong terutama generasi Z, maupun keluarga bisa beraktivitas nyaman disini. Selain, bisa memberikan ruang bagi pelaku UMKM, sekaligus  wisatawan yang mencari suasana sejuk dan cantik dengan berbagai tanaman yang ditanam seperti tabebuya,” ujarnya.

Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita G Rahayu juga akan mendukung Padma Piazza dengan kemudahan aksebilitas dan menyiapkan bus wisata Denok dan Kenang dari Pemkot Semarang.

“Bus Denok, dan Kenang akan ke sini (Padma Piazza), tentu kedepan bisa disiapkan haltenya. Serta melayani rute masyarakat dengan armada Feeder sehingga memudahkan wisatawan datang untuk piknik tipis-tipis di sini, serta menikmati berbagai kulinernya,” paparnya.

Selain peletakan batu pertama, Dirut PT. Graha Padma Internusa, dan Walikota Semarang, melakukan prosesi penanaman pohon Tabebuya yang diharapkan nantinya dapat tumbuh dengan subur memancarkan keindahan dan bermanfaat menambah oksigen di kawasan Padma Piazza. (*)

Ajie MH.