in

Mudik Naik Motor, Penting Lakukan Persiapan Ini

Alangkah baiknya para pengendara sebelum melakukan perjalanan, melakukan peregangan atau pemanasan tubuh.

Pengendara sepeda motor melintasi dermaga saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022). (antara foto/budi candra setya)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Para pemudik yang hendak menggunakan sepeda motor disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Meski hal itu terlihat sepele namun memberikan manfaat yang banyak dalam kegiatan berkendara.

Instruktur PT Wahana Makmur Sejati, Adi “Jotos” Sucipto, mengatakan banyak pengguna kendaraan roda dua yang melakukan perjalanan jauh menyepelekan kegiatan ini.

“Alangkah baiknya para pengendara sebelum melakukan perjalanan, melakukan peregangan atau pemanasan tubuh. Alangkah baiknya para pengendara sebelum melakukan perjalanan, melakukan peregangan atau pemanasan tubuh.Hal itu guna untuk melancarkan peredaran darah kita yang mengalir ke otak, agar oksigen yang ada di dalam otak kita bisa berfungsi dengan baik yang nantinya ketika berkendara si pengendara tetap fokus,” ungkap Adi Jotos, Senin (25/4/2022).

Selain itu, para pengendara juga harus memperhatikan kondisi tubuh mereka dan tidak memaksakan untuk meneruskan perjalan dengan tubuh yang tidak fit. Hal itu, tidak hanya memberikan dampak bahaya kepada diri sendiri melainkan orang lain di jalan.

“Agar selalu tetap konsentrasi dalam berkendara, pastikan anda beristirahat 2 jam sekali. Kalau memang sudah ngantuk banget lebih baik tidur sampai kondisi badan benar” tidak capek lagi,” ucap dia.

Selain memperhatikan kondisi tubuh, para pengendara juga wajib membawa barang yang memang hanya diperlukan saja, karena fungsi dari motor ini sangat berbeda dengan kendaraan roda empat yang sanggup menampung bawa-bawaan yang banyak.

Dengan memperhatikan barang bawaan ketika menggunakan motor, para pemudik juga mendapatkan kenyamanan dan juga keamanan yang lebih ketika dalam perjalanan.

Dia juga mengingatkan para pemudik dengan perjalanan yang ditempuh sangat jauh agar memperhatikan riding gears mereka untuk segi keamanan.

“Pakaian berkendara juga turut diperhatikan. Mulai dari pakai helm, jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu. Peralatan ini untuk mengurangi cidera luka fatal ketika kita terjadi kecelakaan. Semoga nanti aman-aman saja ya,” tutur dia.

Dan, yang titak kalah penting adalah menelisik kondisi kendaraan yang nantinya akan diajak berjalan jauh menuju kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara.

Para pemilik kendaraan, agar sudah memastikan sepeda motor yang akan digunakan sudah terlebih dahulu diservis dan ganti oli dan juga melakukan pengecekan lebih dari satu kali untuk bagian pengereman, sampai dengan kondisi ban.

“Supaya terhindar ban bocor dalam perjalanan alangkah baiknya di berikan cairan ban supaya ketika ban terkena paku atau apapun yang membuat ban kempes angin masih tetap ada di dalam ban. Lalu untuk bagian pengereman juga turut kita cek seperti kampas rem depan dan belakang,” pungkasnya. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.