in

Meriahkan Peringatan Kemerdekaan RI, 200 Anak Sajikan Musik Kolosal di Taman Indonesia Kaya

Dalam pertunjukan kali ini, Gema Nusantara Pelajar Semarang membawakan kembali lagu-lagu menarik dengan diiringi musisi gamelan dan juga tari tradisi.

SEMARANG (jatengtoday.com) – Memeriahkan peringayan kemerdekaan RI, sebanyak 200 anak menyajikan musik kolosal bertajuk Keagungan Indoensia di Taman Indonesia Kaya, Sabtu (19/8/2023) malam.

Anak-anak pelajar SD hingga SMA yang tergabung dalam Gema Nusantara Pelajar Semarang ini tampil dengan budana adat di sejumlah daerah Nusantara.

Renitasari Adrian, Program Director Indonesia Kaya menjelaskan, sajian ini diharapkan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap ragam kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Tak hanya memberikan sajian yang menarik, di akhir pekan ini, kami juga ingin memberikan wadah bagi para pelajar di Semarang  yang memiliki minat tinggi dalam dunia seni pertunjukan untuk menyuguhkan sajian yang menarik bagi masyarakat. Semoga konser ini dapat menjadi sajian yang menghibur dan menambah wawasan tentang Indonesia kepada masyarakat,” harapnya.

Gema Nusantara Pelajar Semarang yang merupakan sebuah komunitas pelajar Semarang yang didirikan sejak tahun 2019 oleh Ester Dwi Winarni dan Eunike Dian Anggraheni.

Komunitas yang saat ini memiliki lebih dari 200 anggota ini, dibentuk untuk menjadi wadah berkumpulnya pelajar Semarang yang memiliki talenta bermusik dan berkesenian untuk belajar bersama.

Dalam pertunjukan kali ini, Gema Nusantara Pelajar Semarang membawakan kembali lagu-lagu menarik dengan diiringi musisi gamelan dan juga tari tradisi.

 

Dengan menggunakan pakaian khas Nusantara, Gema Nusantara Pelajar Semarang menyatukan musik dan tarian dalam nuansa kebudayaan Indonesia dengan barisan anak-anak string Orchestra.

Selama kurang lebih 90 menit, penikmat seni yang memenuhi pelataran Taman Indonesia Kaya dihibur dengan penampilan dari Gema Nusantara Pelajar Semarang yang membawakan lebih dari tujuh buah lagu antara lain Gambang Semarang, Lukisan Indonesia, Aku Indonesia, Oh Negeriku, Cinta Indonesia, Mahadaya Cinta, Merah Putih, Hari Merdeka, dan masih banyak lagi.

Konser semakin menarik dengan iringan orkestra yang dimeriahkan dengan berbagai alat musik seperti gamelan, saxophone, biola, keyboard, bass dan gitar. Suasana di Taman Indonesia Kaya juga semakin meriah dengan suara-suara dari para penikmat seni yang juga ikut bernyanyi saat menyaksikan penampilan Gema Nusantara Pelajar Semarang.

“Malam hari ini, kami berkumpul untuk memberikan penampilan terbaik kami ke hadapan masyarakat kota Semarang dalam rangka merayakan dan menyemarakkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Tampil di hadapan para penikmat seni di Taman Indonesia Kaya merupakan sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan karena selain dapat menghibur, kami juga dapat menyebarkan semangat nasionalisme kepada generasi muda di Semarang. Semoga penampilan kami dapat menginspirasi dan memberikan warna tersendiri bagi perayaan HUT Republik Indonesia yang ke-78 ini,” ujar Ester, perwakilan Gema Nusantara Pelajar Semarang. (*)

Ajie MH.