in

Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat PTSL Door to Door di Semarang

SEMARANG (jatengtoday.com) – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto turun langsung ke lapangan. Dia menyerahkan sertifikat tanah hasil Provinsi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara door to door kepada sepuluh warga di Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Kamis (2/11/2023).

Sertifikat yang diserahkan tersebut terdiri dari dua sertifikat tanah wakaf dengan peruntukan musala dan delapan sertipikat hak milik dengan peruntukan rumah warga.

Pada penyerahan sertifikat secara door to door, Menteri ATR menyempatkan berdialog dengan warga mengenai kegiatan sehari-hari dan proses pengurusan sertifikat PTSL.

Ia menjelaskan tujuan penyerahan sertifikat langsung ke masyarakat inj bertujuan mendengarkan cerita proses pendaftaran tanah yang dialami masyarakat.

“Dengan demikian, kami dapat memastikan pendaftaran tanah berjalan dengan baik tanpa adanya pungutan liar,” katanya didampingi Kepala ATR/BPN Provinsi Jawa Tengah Dwi Purnama.

Hadi mengungkapkan, capaian Program PTSL di Kota Semarang saat ini sudah 99 persen.

“Target sertifikat PTSL ada 688 ribu, yang sudah terealisasi terdaftar 681 ribu sehingga sebelum akhir tahun, Kota Semarang kita deklarasikan jadi Kota Lengkap,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengapresiasi Pemkot Semarang yang meringankan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) sebesar 40 persen pada proses sertifikasi PTSL.

“Saya harapkan seluruh kabupatane/kota bisa membebaskan atau meringankan BPHTB,” tandasnya. (*)

Ajie MH.