in

Mencicipi Toyota All New Yaris Cross, dari Performa hingga Tolak Panas

Setelah mencicipi kenyamanan dan ketangguhan, kini giliran mencoba konsumsi BBM.

SEMARANG (jatengtoday.com) – Elegan. Barangkali kata itu bisa menggambarkan pengalaman berkendara Toyota All New Yaris Cross. Ya, JatengToday mendapat kesempatan test drive Toyota All New Yaris Cross untuk menaklukan rute Kota Semarang-Guci Tegal.

Selama dua hari, Kamis-Jumat (27/28/7/2023), gelaran bertajuk Journalist Test Drive bertajuk: Advancetour All New Yaris Cross ini mengeksplor ketangguhan performa mobil terbaru Toyota dengan beragam medan jalan.

Jalan Tol ruas Semarang-Tegal menjadi tantangan pertama. Mesin 2NR-VEX hybrid yang disematkan di SUV besutan Toyota ini cukup mengesankan. Tarikannya enteng.

Kolaborasi baterai dan bensin menghasilkan tenaga yang oke. Putaran bawah hingga menengah sangat responsif.

Bahkan, meski pedal gas tak diinjak dalam, kecepatan 120 kilometer per jam sangat cepat didapat. Transmisi maticnya terasa halus.

Suspensinya empuk saat melaju melewati jalan aspal-cor beton. Pergantian menu jalan tersebut tak begitu berarti di kabin.

Penaklukan jalan tol Semarang-Tegal sempat berhenti di Pekalongan. Golden Stable Kedungwuni Kabupaten Pekalongan menjadi pilihan untuk rehat siang.

Tolak Panas

Toyota All New Yaris Cross bisa dibilang jago menolak panas. Ya, saat rehat siang lebih dari dua jam, mobil dibiarkan parkir di bawah teriknya matahari siang Pekalongan.

Begitu masuk mobil, hawa panas khas mobil setelah dijemur tak terasa di kabin. Prosesi buka jendela dan menyalakan AC tenaga penuh tak perlu dilakukan. Ya, karena tak terasa panas layaknya mobil-mobil yang parkir di bawah terik matahari.

Ternyata, kunci tolak panas ini ada di jok yang dilapiso bahan fabric dan kulit sintesis. Bahan jnj sanggup memberikan kenyamanan terbaik berkat kemampuan mereduksi panas pada permukaannya.

Kemampuan tolak panas Totoya All New Yaris Cross juga terasa saat memaksimalkan fitur paronamic glass roof. Saat siang hari, kabin tak terasa begitu panas meski sinar matahari masuk dari panoramic glass roof. Ini menjadi pengalaman tersendiri bagi penumpang Yaris Cross.

Yaris Cross memang memikirkan kesejukan penumpang yang duduk di baris belakang. Meski dua baris, Yaris Cross dibekali AC double blower agar semua penumpang merasa nyaman. Di bawah AC belakang, bisa ditemukan dua colokan untuk mengecas ponsel.

Hybrid Irit

Setelah mencicipi kenyamanan dan ketangguhan, kini giliran mencoba konsumsi BBM. Sepertinya, mengetes keiritan BBM kurang fair jika dilakukan di jalan tol.

Mengintip konsumsi BBM baru dilakukan saat keluar jalan tol Tegal. Usai mengetap etoll di exit tol Tegal, panel average gass dikembalikan di angka 0.

Suguhan medan jalan dari Tegal menuju Guci bisa dibilang beragam. Ada jalan normal yang lurus mulus, traffic light, kemacetan khas jalan depan pasar, hingga jalan menanjak yang berkelok. Rasanya medan jalan seperti ini pantas untuk mengecek konsumsi BBM.

Toyota mengklaim, konsumsi All New Yaris Cross hybrid bisa mencapai 25 kilometer per liter. Ternyata klaim itu bisa dibuktikan.

All New Yaris Cross yang kami gunakan saat melibas jalan menuju Guci hanya menelan BBM sekitar 24 kilometer per liter.

Mungkin, konsumsi BBM ini bisa lebih irit jika digunakan di jalan yang lurus seperti perkotaan. Tanpa jalan naik turun. (*)

Ajie MH.