in

Kurangi Kerumunan di Pasar, Pemkot Semarang Ajak Belanja dari Rumah

SEMARANG (jatengtoday.com) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, pasar menjadi salah satu tempat yang dituju masyarakat. Padahal titik kerumunan berpotensi mempermudah penularan Covid-19.

Oleh karena itu, Pemkot Semarang mendorong masyarakat untuk berbelanja dari rumah saja.

Dinas Perdagangan Kota Semarang menggandeng Gojek untuk menawarkan solusi belanja bahan pokok secara daring (online) di pasar-pasar rakyat dengan menggunakan layanan GoShop.

Layanan tersebut bisa berlaku di 7 pasar Kota Semarang. Yakni Pasar Peterongan, Pasar Pedurungan, Pasar Karangayu, Pasar Jatingaleh, Pasar Banyumanik, Pasar Gayamsari, serta Pasar Mrican.

“GoShop dari Gojek ini menjadi salah satu alternatif solusi agar masyarakat tetap aman berbelanja di rumah saja,” jelas Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fravarta Sadman, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, kebiasaan masyarakat untuk berbelanja jelang hari raya tidak bisa dielakkan meskipun di tengah pandemi. Di sisi lain pihaknya ingin perputaran ekonomi tetap berjalan dengan cara yang sehat dan cerdas.

Pihaknya juga tetap mendorong masyarakat berbelanja di pasar-pasar rakyat lainnya. Namun, syaratnya harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Sementara itu, Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY, Arum K Prasodjo mendukung penuh semangat kolaborasi yang dilakukan Dinas Perdagangan Kota Semarang bersama dengan Gojek.

Layanan GoShop turut membantu mitigasi penyebaran pandemi Covid-19, dengan mendorong masyarakat untuk belanja secara daring hanya melalui genggaman tangan, dan tidak berkerumun di pasar rakyat. (*)

 

editor: ricky fitriyanto 

 

Baihaqi Annizar