in

KPU Kota Semarang Jamin Logistik Pilkada Aman dari Banjir dan Rayap

SEMARANG (jatengtoday.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang terus menyiapkan segala keperluan untuk pelaksanaan Pilwakot 9 Desember 2020. Saat ini, masih dalam tahap penyiapan logistik seperti surat suara, kotak suara, maupun bilik suara.

“Kami masih memiliki waktu cukup panjang, sehingga akan segera kami cicil untuk merakit kotak suara dalam 15 hari ke depan,” kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, Kamis (5/11/2020).

Pihaknya memastikan sejauh ini tidak ada kendala mengenai logistik Pilkada di Kota Semarang. Sebanyak 3.608 kotak suara siap dirakit untuk kemudian digunakan pada pelaksanaan Pilkada di Kota Semarang.  “Peruntukannya masing-masing untuk ditempatkan di 3.447 TPS, sisanya ditempatkan di sejumlah tempat seperti di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU,” terangnya.

Selama proses perakitan, ia memastikan setiap logistik telah dilakukan proses sterilisasi dan disinfeksi. “Bahkan sebelum sampai di Kota Semarang pun telah dilakukan proses pemeriksaan serta disinfeksi. Untuk penyimpanan aman, kami memiliki gudang yang cukup luas,” katanya.

Dia menargetkan proses perakitan bisa diselesaikan maksimal 15 hari. “Nanti kami juga melakukan proses disinfeksi secara rutin sebelum kotak suara dan bilik didistribusikan. Sedangkan untuk surat suara proses disinfeksi dilakukan di percetakan,” katanya.

Untuk mengantisipasi kerusakan baik akibat banjir maupun dimakan rayap, proses penyimpanan logistik dilakukan sesuai SOP. “Logistik yang disimpan di gudang tidak ditaruh langsung di lantai. Tetapi diberikan alas pengaman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Insya Allah, gudang kami juga tidak terkena banjir. Kami pastikan tidak ada kendala,” katanya. (*)

 

 

editor: ricky fitriyanto