in

Korupsi Hibah KONI Kudus Disidang di Pengadilan Tipikor Semarang

Menurut penghitungan sementara, korupsi ini merugikan negara Rp2,57 miliar.

Ilustrasi palu hakim (antara foto/widodo s. jusuf)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Kasus dugaan korupsi dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus segera disidang di Pengadilan Tipikor pada PN Semarang.

Berdasarkan sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) PN Semarang, kasus dengan tersangka mantan Ketua KONI Kudus Imam Triyanto tersebut dilimpahkan ke pengadilan pada 13 Mei 2024.

Dalam situs resmi PN Semarang itu telah dicantumkan jadwal sidang pertama, yakni pada 22 Mei 2024 mulai pukul 09.00 WIB.

Kasus rasuah ini bermula saat KONI Kudus menerima dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Kudus sebesar Rp10,9 milar pada tahun anggaran 2022.

Dugaan penyalahgunaan anggaran terjadi ketika tersangka menyalurkan anggaran untuk Pengurus Cabang Olahraga (Pengcab) Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Rp90 juta tetapi yang diberikan hanya Rp70 juta.

Dugaan penyalahgunaan dana hibah juga ditemukan pada tahun anggaran 2023 ketika KONI Kudus menerima dana hibah dari APBD Kabupaten Kudus Rp9 miliar. Hibah sedianya untuk pengadaan perlengkapan kontingen Porprov 2023 sebesar Rp971,5 juta dan katering Rp528,57 juta.

Dalam praktiknya, tersangka melanggar aturan pengadaan karena tidak melalui proses lelang, tetapi dengan penunjukan langsung pihak ketiga.

Menurut penghitungan sementara, perbuatan tersangka merugikan negara Rp2,57 miliar. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar

Tinggalkan Balasan