in

Kodam IV Diponegoro Sulap 85,87 Hektar Lahan Tidur untuk Pertanian

Program tersebut merupakan upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Kodam bersama Forkopimda Jateng dan kelompok tani menanam bibit jagung di Dusun Bantir, Kabupaten Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Kodam IV/Diponegoro berhasil menyulap 85,87 hektare lahan tidur miliknya menjadi lahan pertanian padi, jagung, hingga palawija.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono mengatakan, program tersebut merupakan upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Nantinya hasil dari panen ini akan diberikan kepada masyarakat. Namun yang terpenting setelah ditanami, harus dijaga dan dirawat. Semoga kita mendapatkan sesuai dengan hasil yang kita inginkan,” ujarnya.

Terkini, Kodam bersinergi dengan Forkopimda Jateng dan kelompok tani menanam bibit jagung di Dusun Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Rabu (12/10/2022).

Lahan seluas 10,5 hektare yang ditanami jagung itu semula lahan kosong yang merupakan daerah latihan Rindam IV/Diponegoro.

Menurut Pangdam, sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya bangga akan kekayaan alam yang ada. Terlebih Indonesia memiliki dua musim yang membuat lahan pertaniannya subur dan dapat memperoleh panen 3 kali dalam setahun.

“Itu adalah anugerah luar biasa yang dimiliki Indonesia, karena saat ini seluruh dunia sedang kesulitan pangan. Berbahagialah kita sebagai warga Indonesia karena kita memiliki lahan yang begitu subur,” ucapnya. (*)

editor : tri wuryono

Baihaqi Annizar