in

Ketua DPR Ingatkan Pentingnya Keamanan Negara Jelang Pemilu 2024

Ketua DPR RI Puan Maharani (foto: dokumentasi dpr ri/kresno)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti pentingnya keamanan negara yang kondusif jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Upaya mengantisipasi potensi kerawanan di daerah-daerah rawan konflik harus jadi prioritas.

Puan berharap TNI/Polri bersama Pemerintah dapat bersinergi sebaik-baiknya untuk memastikan keamanan masyarakat. Kerja sama dengan institusi keamanan lainnya harus dilakukan secara maksimal.

“TNI sebagai komponen utama sistem pertahanan negara memiliki peran penting untuk membantu mengamankan Pemilu, khususnya di daerah-daerah yang rawan bentrokan seperti di Nduga. Kerja sama dengan Polri dan institusi keamanan lainnya harus dilakukan dengan optimal,” kata Puan di laman resmi DPR RI, Senin (27/11/2023).

Oleh karena itu, Puan berharap semua unsur keamanan dan pertahanan bisa memetakan semua daerah yang punya tingkat kerawanan konflik. Tindakan preventif dengan penyuluhan kepada warga dinilai juga harus dimaksimalkan.

“Dengan begitu diharapkan kondusivitas jelang, pasca, dan saat pelaksanaan Pemilu dapat terjaga di seluruh wilayah yang ada di Tanah Air. Upaya mengantisipasi potensi kerawanan di daerah-daerah rawan konflik harus jadi prioritas,” terang Puan.

DPR pun menyoroti bagaimana tindakan separatis dapat mengancam citra Indonesia di mata dunia. Untuk itu, Puan meminta semua elemen bangsa bergotong royong memberi dukungan terhadap kinerja TNI/Polri dan instansi lain yang terus berupaya menumpas KKB.

“Tentunya diperlukan juga dukungan dari masyarakat demi terciptanya keamanan di negara kita tercinta,” ucapnya.

“Kita tidak ingin nama baik bangsa tercoreng akibat aksi-aksi seperti separatisme atau terorisme. Tidak ada tempat bagi kekerasan di Indonesia” tegas Puan. (*)

Tri Wuryono