in

Kantor Lama Sering Rob, Cabjari Kota Semarang Dipindah ke Anjasmoro

Kantor Cabjari Semarang dibangun baru di Jalan Puri Anjasmoro, Kelurahan Tawang Mas.

Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Cabjari Kota Semarang dihadiri Kajati hingga Wali Kota Semarang. (baihaqi/jatengtoday.com)
Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Cabjari Kota Semarang dihadiri Kajati hingga Wali Kota Semarang. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Kantor Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Kota Semarang yang berada di Jalan Usman Jannatin, kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kerap dilanda rob.

Kini, Kantor Cabjari Semarang dibangun baru di Jalan Puri Anjasmoro, Kelurahan Tawang Mas, Semarang Barat atau dekat dengan kawasan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Kantor yang baru akan berdiri di atas lahan 2.320 meter persegi. Luas gedungnya 1.051 meter persegi, terdiri dari dua lantai.

Nilai kontrak pembangunan kantor ini mencapai Rp5,1 miliar, hasil hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Peletakan bati pertama pembangunan tersebut dilakukan Rabu (10/7/2024).

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng, Ponco Hartanto mengucapkan terima kasih kepada Pemprov yang telah membantu mewujudkan kantor Cabjari Kota Semarang yang nantinya lebih representatif.

“Kantor yang di kawasan pelabuhan sering rob. Pernah kami melakukam inspeksi di pagi hari, tiba-tiba siangnya sulit keluar karena rob. Alhamdulillah ini akan dibangun baru di tempat yang lebih baik,” ceritanya.

Selain itu, pembangunan kantor baru ini juga berdasarkan pertimbangan bahwa kondisi kantor yang sebelumnya relatif kecil dan umur bangunan yang sudah relatif tua.

Pj Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kabiro Bangda, Faiz Effendi mengatakan, Pemprov Jateng akan selalu mendukung kegiatan pembangunan, termasuk pembangunan sarana dan prasarana kejaksaan.

“Ini akan dibangun kantor Cabjari Semarang dengan dana hibah dari Pemprov Jateng yang targetnya selesai pada Desember 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu mengatakan, Pemkot akan mengusahakan membantu membangun penataan lingkungan seperti pagar di sekitar Kantor Cabjari Kota Semarang. (*) 

editor : tri wuryono

Baihaqi Annizar

Tinggalkan Balasan