in

Kantongi Lebih dari 176 Ribu Suara, Yoyok Sukawi Dipastikan Melanggang ke Senayan

Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi. (ajie mh/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kader Partai Demokrat, A.S. Sukawijaya alias Yoyok Sukawi dipastikan kembali terpilih menjadi anggota DPR RI untuk periode 2024-2029.

Kepastian ini didapat setelah tim pemenangan Yoyok Sukawi melakukan tabulasi internal berdasarkan hasil dari C1 dan D1 di Dapil I Jawa Tengah yang meliputi Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang.

Berdasarkan tabulasi tersebut, Yoyok Sukawi dan Partai Demokrat mendapatkan total 176.595 suara, penyumbang suara terbesar adalah basis Yoyok Sukawi yang memang sangat kuat di Kota Semarang sebesar 119.258 suara.

Untuk suara berdasarkan nama, Yoyok Sukawi mendapatkan 98.261 suara dan menjadikannya salah satu peraih suara by name terbanyak sementara di Kota Semarang.

Capaian ini membuat Yoyok Sukawi mendapatkan kursi ke-7 dari total 8 kursi dari Dapil I Jawa Tengah setelah dihitung melalui metode saint league.

Ketua tim pemenangan Yoyok Sukawi, Anton N mengungkapkan bahwa penghitungan berdasarkan C1 dan D1 saat ini sudah selesai dan pihaknya juga bersyukur bahwa Yoyok Sukawi kembali melenggang ke Senayan.

“Setelah melakukan tabulasi sejak pemilihan, Alhamdulillah saat ini sudah selesai bahwa Pak Yoyok Sukawi kembali terpilih menjadi anggota DPR RI dari Dapil I Jawa Tengah setelah kita hitung seluruh suara di dapil dan kami hitung juga melalui metode saint league yang selama ini dipakai oleh KPU,” tuturnya, Jumat (1/3/2024).

Sementara itu, Yoyok Sukawi sendiri setelah mengetahui namanya kembali ke Senayan, ia mengucapkan syukur dan terima kasih atas dukungan masyarakat dari Dapil I Jawa Tengah.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pemilih yang telah menitipkan amanah kepada saya, serta seluruh tim baik partai maupun relawan yang berkerja keras dari awal hingga akhir tanpa pamrih,” ucap Yoyok Sukawi. (*)

Ajie MH.