in

Jelang Pilwalkot Semarang, Sejumlah Nama Calon Mulai Muncul

SEMARANG (jatengtoday.com) – Jelang Pilkada Kota Semarang 2024, nama-nama yang diperkirakan akan berkontestasi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut mulai berseliweran.

Tak hanya elite politik, terdapat nama ASN yang digadang-gadang akan maju. Seperti dalam polling yang dalam beberapa hari terakhir ini beredar di kalangan masyarakat Kota Semarang.

Dalam polling tersebut, pertanyaan yang dimunculkan adalah Menurut Anda, Siapa Calon Wakil Walikota yang layak mendampingi Walikota Semarang di masa datang?.

Ada lima kandidat yang muncul, yakni

Dr. Darwito (55). Dia adalah tokoh inspiratif Jawa Tengah, dosen, motivator nasional dan pakar pembangunan karakter, Founder Kampung Surga. Selain itu juga Ketua APPINDO Pusat Jawa-Bali, pengurus ICMI, PPHI (Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia), dan Pembina UKM Jateng.

Selanjutnya, Ade Bhakti Ariawan (35) yang saat ini menjabat Sekretaris Damkar Kota Semarang, kemudian Rahmulyo Adi Wibowo (51), anggota DPRD Kota Semarang dan aktivis sosial. Nama lain yang muncul adalah Elly Asmara yang sekarang menjadi Camat Semarang Barat serta Alamsyah Satyanegara Sukawijaya, anggota DPR RI dari Partai Demokrat dan CEO PSIS Semarang.

Menanggapi polling tersebut, Elly Asmara menyatakan, akan fokus bekerja sesuai tupoksinya sebagai Apartur Sipil Negara (ASN). “Fokus kerja dalam membangun kinerja dan menjalankan program Wali Kota Semarang,” ujarnya, Sabtu (16/3/2024).

Elly menilai polling tersebut sebagai produk yang memiliki dinamika atau bertendensi politik praktis. “Memang pernah juga mendapat kiriman, namun kurang begitu menanggapi karena status saya yang masih sebagai ASN,” ungkapnya.

“Saya juga pernah mendapatkan share seperti itu. Cuma saya tetap fokus bekerja sebagai ASN ya dan polling-polling seperti itu kan ada dinamika politik atau produk politik. Kalau saya ASN tetap bekerja sesuai tupoksi kita di kecamatan, pembinaan kewilayahan. Menjalankan kegiatan-kegiatan Ramadhan ini di wilayah Kecamatan Semarang Barat,” jelasnya.

Ditanya terkait sumber yang membuat polling, dia mengaku tidak tahu. “Saya kurang tahu persis sumber awal polling itu dari mana. Saya mendapat kiriman dari teman, ya kalau ditanya dapatnya dari temannya lagi. Saya juga tidak mencari itu dari mana ya, karena walau mengapresiasi yang membuat polling itu, tapi saya tetap akan fokus bekerja sebagai ASN Kota Semarang, membantu menjalankan program-program Wali Kota maupun program-program Pemerintah Kota Semarang,” tegasnya.

Dalam polling tersebut, nama paling banyak dipilih adalah Elly Asmara, sebesar 43,08 persen, disusul Rahmulyo Adi Wibowo 25,1 persen dan Ade Bhakti Ariawan 23,1, kemudian Alamsyah Satyanegara Sukawijaya dan Darwito yang tidak tercatat angka prosentasenya. (*)

Ajie MH.