in

Jelang Pilkada 2024, Gerindra Mulai Jajaki Koalisi

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Salatiga Yuliyanto. (istimewa)

SALATIGA (jatengtoday.com) – Pasca Pileg 2024, partai politik di Kota Salatiga mulai menyusun kekuatan untuk menghadapi Pilkada 2024. Selain koalisi, partai mulai menggadang-gadang calon yang akan diusung.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, saat ini sedang melakukan penjajakan dengan sejumlah partai politik terkait pembentukan koalisi. “Gerindra Kota Salatiga buka pintu untuk koalisi dengan partai lain dalam persiapan menghadapi pemilihan Wali Kota dan Wakil di Kota Salatiga,” ungkapnya, Senin (4/3/2024).

“Selain koalisi, kami juga sudah mengantongi nama sosok yang akan dipersiapkan dalam menghadapi kontestasi nanti, apalagi Pilkada Salatiga juga sudah akan dimulai dalam hitungan beberapa bulan ke depan,” kata Yuliyanto.

Yuliyanto mengungkapkan, dirinya sudah pengalaman dalam menghadapi pilkada. Sebagai Wali Kota Salatiga yang telah dua periode menjabat, maka sudah memiliki formulasi untuk memenangkan ‘pertempuran’ tersebut.

“Kalau persiapan, tentu harus dilakukan sejak dini dan kami sudah bergerak. Tidak hanya di tataran partai, tapi juga sosialisasi di masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, sosialisasi dilakukan sejak dini, agar bisa menjawab kebutuhan masyarakat. “Semisal program pembangunan, softskill atau pendampingan, ini akan menjadi acuan dalam menyusun program dan visi-misi calon, harus dipersiapkan dan disinergikan dengan pasangan calon,” kata Yuliyanto.

Terpisah, Ketua DPC PKB Kota Salatiga Saiful Mashud mengungkapkan saat ini partainya sedang dalam proses persiapan Pilkada Salatiga.

“Kita berproses, untuk calon nanti pada saatnya akan diumumkan. Meski sudah bisa mencalonkan sendiri dengan lima kursi, kita juga berkomunikasi dengan partai lain,” tandasnya. (*)

Ajie MH.