in

Gol Dewangga Dianulir, PSIS Dikalahkan Persib 1-2

Alfeandra Dewangga melepaskan lemparan yang langsung menghujam ke gawang tanpa bisa dihalau Made Wirawan.

Taisei Marukawa mencetak satu gol saat PSIS takluk 1-2 di kandang Persib, Sabtu (13/8/2022). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

BANDUNG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang kalah secara menyakitkan dari tuan rumah Persib Bandung pada laga pekan 4 BRI Liga 1 2022/2023. Diwarnai dua keputusan kontroversial, Mahesa Jenar ditundukkan Maung Bandung dengan skor 1-2.

Pertandingan Persib melawan PSIS di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (13/8/2022) sebenarnya berlangsung menarik. Frendi Saputra cs berani meladeni permainan tuan rumah yang mengincar kemenangan pertamanya musim ini.

Drama terjadi di menit ke-25 ketika wasit Totok Fitrianto memberikan hadiah penalti untuk Persib karena Jonathan Cantillana dianggap melakukan handball. Keputusan tersebut sempat diprotes pemain PSIS karena menganggap bola terkena dada.

David da Silva yang maju sebagai eksekutor gagal menceploskan bola. Sepakannya bisa ditepis kiper Wahyu Tri Nugroho.

Tapi, wasit meminta penalti harus diulang lagi karena Wahyu Tri dianggap lebih dulu bergerak meninggalkan garis gawang sebelum bola ditendang.

Penalti kedua David da Silva berhasil mengecoh kiper PSIS. Kali ini wasit mensahkan gol tersebut meskipun Wahyu Tri juga sudah lebih dulu bergerak seperti penalti pertama.

PSIS Semarang langsung bangkit dan mendapatkan gol penyeimbang di menit ke-31. Taisei Marukawa berhasil menuntaskan umpan Andreas Ado setelah lebih dulu mengecoh Kakang Rudianto dan mengirim bola ke pojok kiri gawang I Made Wirawan.

Intensitas pertandingan semakin meningkat di paruh kedua. David da Silva kembali membawa Maung Bandung memimpin di menit ke-66. Ricky Kambuaya berhasil mematahkan serangan PSIS dan dengan cepat mengumpan kepada David da Silva.

Mantan striker Persebaya itu kemudian melewati adangan Syiha Buddin dan kiper Wahyu Tri dan mengirim bola ke gawang yang sudah kosong.

Drama lagi-lagi terjadi di lima menit sebelum laga berakhir. PSIS mendapat lemparan ke dalam di sisi kiri pertahanan Persib. Alfeandra Dewangga melepaskan lemparan yang langsung menghujam ke gawang tanpa bisa dihalau Made Wirawan.

Wasit sempat menunjuk titik tengah tanda terjadinya gol. Keputusan tersebut langsung diprotes pemain-pemain tuan rumah. Pada akhirnya wasit menganulir gol PSIS Semarang dan berbalik menjadi tendangan gawang untuk Persib Bandung.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa pertandingan. PSIS takluk 1-2 dan menjadi kekalahan kedua dari empat pertandingan awal di BRI Liga 1 2022/2023. Sebelumnya Mahesa Jenar kalah dengan skor identik di markas Arema FC.

Kekalahan tersebut membuat posisi PSIS turun ke peringkat 9 dengan torehan 4 poin. Sedangkan Persib naik ke peringkat 11.

Susunan Pemain

Persib Bandung: I Made Wirawan–Kakang Rudianto/Dedi Kusnandar (46′)/Abdul Aziz (84′), Achmad Jufrianto, Nick Kuipers, Daisuke Sato/Zalnando (94′); Rachmat Irianto, Marc Anthony Klok; Ciro Alves, Ricky Kambuaya, Frets Butuan/Febri Hariyadi (46′); David da Silva
PSIS Semarang: Wahyu Tri Nugroho–Syiha Buddin/Guntur Triaji (75′), Alie Sesay, Wahyu Prasetyo; Alfeandra Dewangga, Delfin Rumbino/Oktafianus Fernando (82′), Jonathan Cantillana, Frendi Saputra/Riyan Ardiansyah (82′); Wawan Febrianto/Titus Bonai (70′), Andreas Ado/Rachmad Hidayat (70′), Taisei Marukawa
(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *