in

Gilas Persita 4-0, PSIS Gusur MU dan Bali United

Kemenangan ini membawa PSIS naik dua peringkat ke posisi tiga dengan poin 34.

Tri Setiawan mencetak dua gol saat PSIS mengalahkan Persita di Stadion Jatidiri Semarang, Kamis (9/11/2023). (foto: Instagram PSIS Semarang)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang berpesta gol saat menjamu Persita Tangerang pada lanjutan BRI Liga 1 2023/2024. Mahesa Jenar melumat Pendekar Cisadane dengan skor 4-0 untuk membawa mereka naik ke peringkat ketiga.

Memainkan pekan ke-19 di Stadion Jatidiri Semarang, Kamis (9/11/2023), kedua kesebelasan tidak bisa menampilkan komposisi terbaik karena absennya sejumlah pemain pilar. Tuan rumah minus gelandang Boubakary Diarra, sedangkan Persita kehilangan Ramiro Fergonzi dan Fahreza Sudin.

Persita mengejutkan tuan rumah ketika laga belum genap semenit. Hanis Sagara memantulkan bola yang langsung disambut tendangan keras Sirvi Arvani namun masih bisa dimentahkan kiper Adi Satryo.

Anak asuh Divaldo Alves kembali mendapatkan peluang beruntun di menit kelima. Sundulan Javlon Guseynov memanfaatkan sepak pojok mampu dihalau Fredyan Wahyu tepat di garis gawang. Selanjutnya sepakan jarak jauh Ezequiel Vidal juga digagalkan Adi Satryo.

PSIS harus kehilangan Delfin Rumbino di menit ke-10 karena cedera dan digantikan oleh pemain muda Tri Setiawan. Tuan rumah baru bisa melepaskan tendangan ke gawang saat pertandingan masuk menit 16. Percobaan Alfeandra Dewangga tepat mengarah ke kiper Adhitya Harlan.

Peluang berikutnya tercipta melalui Septian David Maulana di menit ke-23. Menerima umpan dari Dewangga, kapten PSIS itu gagal mengarahkan bola ke gawang. Sontekannya masih melebar.

Mahesa Jenar memimpin di menit ke-27 lewat tandukan Tri Setiawan. Pemain 19 tahun itu menyambar umpan Taisei Marukawa dan memaksa Adhitya Harlan menangkap angin.

Empat menit kemudian, Gali Freitas menebar ancaman melalui aksi individunya di sayap kanan. Alih-alih menuntaskan sendiri, Gali justru mengoper bola ke arah Carlos Fortes namun lebih dulu dipotong pemain Persita.

Menit ke-36, Haykal Alhafiz mengirim umpan silang dan berhasil disundul Fortes, tapi bisa ditepis Adhitya Harlan.

Tuan rumah menggandakan skor di menit 40. Lucas Gama mengeksekusi tendangan bebas dari jarak 18 meter yang meluncur ke pojok kanan gawang Pendekar Cisadane. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Keunggulan dua gol membuat Septian David Maulana dkk lebih nyaman menjalani sisa pertandingan. Lima menit setelah restart, Gali Freitas mencoba peruntungan dari luar kotak penalti tapi belum tepat sasaran.

PSIS semakin menjauh setelah Tri Setiawan mencetak gol keduanya di menit 59. Menerima sodoran dari Marukawa, gelandang muda Mahesa Jenar melepaskan tendangan keras tanpa bisa dicegah Adhitya Harlan.

Tim tamu sempat mendapatkan peluang emas melalui pemain pengganti Jack Brown di menit ke-65. Eks pemain Persebaya itu mengecoh Wahyu Prasetyo dan melepaskan tembakan dari jarak dekat tapi mampu ditepis Adi Satryo.

Tak berselang lama, Gali Freitas lagi-lagi merepotkan pertahanan Persita. Kali ini sepakannya harus ditepis Adhitya Harlan. Peluang selanjutnya didapat Taisei Marukawa. Kerja keras Gali Freitas diakhiri dengan umpan ke mulut gawang, namun sontekan Marukawa melebar.

Persita belum menyerah dan beberapa kali menciptakan peluang. Salah satunya melalui sepakan Ezequiel Vidal di menit 83 yang lagi-lagi dimentahkan Adi Satryo.

Pesta gol PSIS ditutup oleh Fredyan Wahyu Sugiantoro di menit ke-88. Pemain yang biasa disapa Ucil tersebut mengeksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Persita untuk menaklukkan Adhitya Harlan.

Kemenangan ini membawa PSIS naik dua peringkat ke posisi tiga dengan poin 34, menggusur Madura United dan Bali United. Mahesa Jenar cuma berjarak empat poin dari pemuncak klasemen Borneo FC dan satu poin di bawah Persib Bandung.

Hasil ini juga menjadi modal penting bagi PSIS sebelum menantang tuan rumah Persebaya Surabaya pada 26 November mendatang.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Haykal Alhafiz; Alfeandra Dewangga, Delfin Rumbino/Tri Setiawan (11′); Paulo Gali Freitas, Septian David Maulana, Taisei Marukawa/Riyan Ardiansyah (81′); Carlos Fortes/Gian Zola (81′)
Persita Tangerang: Adhitya Harlan– Muhammad Toha, Javlon Guseynov, Christian Rontini, Mario Jardel; Shin Yeong-bae, Rifky Dwi Septiawan/Dwi Andika (72′); Sirvi Arvani/Rendy Juliansyah (46′), Ezequiel Vidal, Ambrizal Umanailo/Esal Syahrul (72′); Hanis Saghara/Jack Brown (46′)

(*)

Tri Wuryono