in

Gembleng Mental, Ajang Petualangan Anak Lewat Jambore

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ribuan siswa sekolah dasar (SD) bakal mendapat pengalaman menarik dengan berbagai kegiatan mulai dari fisik, mental, spiritual, sosial dan intelektual dalam Jambore Daerah SD/MI Jawa Tengah ke-4 Tahun 2018. Jambore ini menjadi ajang petualangan pendidikan lingkungan, karakter, ketangkasan, scouting skills, hingga seni budaya.

Jambore yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah ini bakal berlangsung 2 hingga 7 Juli 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Kabupaten Purbalingga.

“Penyelenggaraan Jambore Daerah SD/MI Jawa Tengah ke-4 2018 ini dalam rangka peningkatan pembinaan generasi muda,” kata Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah, Prof Budi Prayitno MS, Kamis (28/6).

Peserta bakal mendapatkan pengetahuan, baik dalam bidang keterampilan, petualangan, pendidikan lingkungan, karakter, ketangkasan, scouting skills hingga seni budaya. “Khususnya kepada peserta didik Pramuka Penggalang Ramu SD/MI,” katanya.

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya pengembangan diri peserta baik aspek fisik, mental, spiritual, sosial dan intelektual. “Dikemas dengan berbagai metode dengan harapan peserta lebih dapat merasakan, menghayati dan mendalami materi-materi dalam kegiatan. Baik dalam pola individu maupun beregu,” imbuh guru besar Fakultas Perikanan Universitas Diponegoro ini.

Selain itu juga mengasah kegiatan seni dan budaya, kegiatan wisata, olah raga, kegiatan bakti sosial serta perlombaan ketangkasan. “Peserta akan mengikuti acara global development village dengan tema penggalang hebat; penggalang ramu antinarkoba dan penggalang tangguh. Di samping itu, akan ada dialog interaktif,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kegiatan Bina Muda Setkwarda Jawa Tengah Isnaeni Musyafak mengatakan, peserta yang mengikuti semua kegiatan berhak memperoleh Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA). “Sedangkan yang berhasil menjadi juara pada kegiatan perlombaan sebagai juara I, II dan III akan memperoleh tropi dan piagam kejuaraan,” katanya. (abdul mughis)

editor : ricky fitriyanto