in

Gara-gara Pandemi, Festival Kota Lama Digelar Virtual

SEMARANG (jatengtoday.com) – Festival Kota Lama (FKL) tahun 2020 tetap digelar. Tapi via virtual. Itu pun hanya semalam saja. Tidak seperti tahun lalu yang sampai sepekan.

Ketua Panitia FKL 2020, Yeru Salimianto menuturkan, pihaknya sengaja mengemas gelaran secara vitual untuk menghindari kerumunan massa saat pandemi Covid-19.

Semula, gelaran bertema ‘Kuna, Kini, Nanti’ ini digelar 11 hari, 17-27 September 2020. Karena adanya pandemi, akhirnya diubah jadi virtual. Rangkaian acara pun diringkas jadi satu malam. Offlinenya digelar di area parkir New PRPP, Jumat (18/9/2020) besok, mulai pukul 19.00 WIB.

“Yang mau nonton live bisa lewat kanal Youtube Mahkota Enterprise,” terangnya saat paparan di Toko Oen Semarang, Kamis (17/9/2020).

Mengenai agenda khas FKL seperti Pasar Sentiling atau Walking Tour Kota Lama, sementara ditiadakan. Tapi, jika pandemi sudah lewat, ada kemungkinan akan disusulkan.

“Nanti nunggi situasi kondusif,” imbuhnya.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan, Keolahragaan dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Setyo Irawan menambahkan, pihaknya telah menyetujui acara live streaming digelar di New PRPP.

“Kalau yang kuliner, webinar, ditunda sesuai dengan perkembangan Covid-19,” ungkapnya.

Penanggungjawab Live in Concert FKL 2020, Indra Suryajaya mengatakan, event konser tersebut akan menampilkan Trie Utami yang berkolaborasi dengan Artsen Quatro, Marcel Yudaperwira, Tirang Community Dance, Surya Orchestra, dan masih banyak lagi.

“Nantinya konser tersebut akan disiarkan langsung melalui akun Youtube Mahkota Enterprise. Kami juga akan didukung dengan siaran langsung dari akun Youtube milik Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang,” jelasnya.

Ajang FKL sendiri sudah masuk dalam TOP 100 National Calendar of Event 2020. Kegiatan ini didukung oleh Kemenparekraf, KBRI Den Haag, Pemprov Jateng, Pemkot Semarang dan Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.