in

Festival Barongsai se-Indonesia Sukses Digelar di Semarang

Festival Barongsai Piala Wali Kota tersebut menarik antusiasme masyarakat yang datang memenuhi Atrium The Park Semarang.

Pembukaan Festival Barongsai Piala Wali Kota Semarang di Atrium The Park Semarang, Minggu (10/12/2023). (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Festival Barongsai Piala Wali Kota Semarang sukses digelar di Atrium The Park Semarang, Minggu (10/12/2023). Melalui festival yang diikuti kelompok barongsai dari berbagai daerah di Indonesia ini menjadi bukti bahwa Kota Semarang terbuka menerima keberagaman budaya.

Festival Barongsai Piala Wali Kota tersebut menarik antusiasme masyarakat yang datang memenuhi Atrium The Park Semarang. Beragam atraksi yang ditampilkan para peserta mampu memukau pengunjung yang hadir.

“Festival barongsai ini ternyata sangat menarik bukan hanya sekadar perlombaan tapi ada makna-makna di dalamnya. Bisa menanamkan karakter bagaimana kita bekerja sama dan bergotong royong,” kata Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryati Rahayu saat membuka festival.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut menyampaikan bahwa festival barongsai ini juga mencerminkan keberagaman budaya bisa diterima di Kota Semarang.

“Di sini kita juga bisa belajar menghormati perbedaan budaya, bagaimana budaya Cina Jawa bisa menjadi satu dan pluralisme ini ada di Kota Semarang,” ujarnya.

Sementara, Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Semarang, Wahyoe “Liluk” Winarto menyampaikan bahwa festival ini menjadi wadah bagi atlet maupun kelompok barongsai untuk mengasah kemampuan.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bu Wali sehingga Festival Barongsai Piala Wali Kota ini bisa terealisasi. Tentunya festival ini bukan saja menjadi hiburan bagi masyarakat tapi kesempatan atlet dan kelompok barongsai untuk unjuk diri,” ucapnya.

Selain Liluk, Ketua KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara dan sejumlah pejabat juga turut hadir dalam pembukaan Festival Barongsai tersebut. (*)

Tri Wuryono