in

Dukung Aksi Cepat Atasi Banjir Grobogan, Jasa Tirta I Buka Posko Tanggap Darurat

GROBOGAN (jatengtoday.com) – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Tengah mengakibatkan meluapnya sejumlah ruas sungai di DAS Serang dan DAS Tuntang.

Selain itu, tingginya debit air dari hulu juga mengakibatkan jebolnya beberapa titik tanggul di Sungai Tuntang dan Serang. Kondisi ini mengakibatkan kejadian banjir pada 16 kecamatan di kabupaten Grobogan.

Sebagai bentuk upaya penanganan kejadian dimaksud, Perum Jasa Tirta I (PJT I) bersinergi dengan Dinas PU SDA & Tata Ruang Jawa Tengah melalui Balai Pengelolaan SDA Serang Lusi Juana dan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana bersama-sama melakukan langkah penanganan darurat. Koordinasi dilakukan untuk mempermudah penanganan bencana untuk memastikan peran dan tugas masing-masing instansi.

Sebagai pengelola beberapa infrastruktur SDA, PJT I menjalankan perannya dalam mengendalikan debit banjir dengan mengoperasikan sejumlah infrastruktur di DAS Serang, diantaranya Bendungan Kedungombo, Bendung Sidorejo, Bendung Sedadi, dan Bendung Klambu, serta infrastruktur di DAS Tuntang melalui Bendung Jelok untuk menurunkan elevasi sungai, sehingga dapat mempercepat surutnya genangan.

Selain itu, PJT I juga mendukung penanganan bencana dengan membantu material banjiran dan alat berat untuk mempercepat proses penanganan darurat tanggul jebol.

Direktur Utama PJT I Bapak Fahmi Hidayat datang langsung meninjau lokasi terdampak di Desa Kemiri dan Desa Gubug  Kabupaten Grobogan, serta Saluran irigasi Klambu Kiri yang merupakan salah satu titik lokasi tanggul jebol di hilir Bendung Klambu.

Dikatakan, koordinasi penanganan kegiatan tidak hanya berfokus pada ranah stakeholder di daerah, namun juga ke pusat. Kementerian PUPR juga hadir langsung ke lokasi untuk mendiskusikan langkah konkret penanganan bencana.

“Seperti sudah disampaikan bahwa langkah cepat yang kami lakukan adalah membantu  penyediaan jumbo bag, material banjiran dan menyiapkan amphibious excavator bersinergi dengan penanganan dari BBWS Pemali Juana”, ucapnya, Kamis (8/2/2024). Alat berat Amphibious di Bendung Klambu dipindahkan ke Sungai Serang untuk mengatasi tanggul jebol disana.

Pada Rabu (7/2/2024) kemarin, Direktur Utama PJT I didampingi Manajer Utama Regional II serta tim dari Divisi Jasa ASA IV menyampaikan bantuan kepada korban terdampak banjir. Bantuan berupa sembako serta air mineral ini disalurkan melalui BPBD Kabupaten Grobogan.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban dan dirasakan manfaatnya langsung oleh para korban. Kami bersama seluruh stakeholder dan pihak terkait akan terus berupaya agar banjir dapat segera teratasi,” tandasnya. (*)

Ajie MH.

Tinggalkan Balasan