in

Dokter Bowo Calon Kuat Ketua Askab Kendal

Dia mengatakan akan kembali menggelar kompetisi antar klub internal Askab Kendal. Sebelumnya, sudah dua tahun ini Askab Kendal vakum menggelar kompetisi internal.

Calon Ketua Askab PSSI Kendal, Dokter Mochammad Wibowo. (istimewa)

KENDAL (jatengtoday.com) – Dokter Mochammad Wibowo, salah satu tokoh sepak bola Kabupaten Kendal, punya peluang besar memimpin Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kendal. Pemilihan Ketua Askab PSSI Kendal akan digelar 25 April 2022 mendatang.

Dokter Bowo, panggilan akrabnya, mengaku siap untuk maju sebagai calon Ketua Askab PSSI Kendal dalam Kongres Biasa (Pemilihan) tersebut.

Dukungan dari arus bawah yakni klub-klub di desa-desa di Kendal yang merupakan anggota Askab PSSI Kendal membuat dokter yang bertugas di RSUD dr Soewondo Kendal ini mantap mencalonkan diri.

“Support dan dorongan dari teman-teman klub sangat besar. Insya Allah saya dan teman-teman insan sepak bola Kendal yang lain siap untuk bersama-sama membesarkan sepak bola Kendal,” tandasnya, saat dihubungi Jumat (8/4/2022).

Dokter Bowo mengatakan, potensi sepak bola di Kendal untuk berkembang dan berprestasi sangat besar. Saat ini, Kendal bahkan tercatat sebagai Askab di Jateng dengan jumlah anggota terbanyak yakni mencapai 100 klub yang tersebar di desa-desa di Kendal.

“Bila diurus dengan baik, sepak bola Kendal akan bisa berkontribusi untuk prestasi sepak bola Jawa Tengah bahkan nasional,” tegasnya.

Ditanya soal program apabila terpilih, dia mengatakan akan kembali menggelar kompetisi antar klub internal Askab Kendal. Sebelumnya, sudah dua tahun ini Askab Kendal vakum menggelar kompetisi internal.

“Kompetisi ini sudah ditunggu teman-teman klub. Kalau saya terpilih akan langsung saya gelar, sekaligus ajang seleksi pembentukan tim Kendal untuk pra Porprov Jateng yang akan dilaksanakan tahun ini,” jelasnya.

Fokus Bina Sepak Bola Usia Dini

Selain itu, Dokter Bowo juga akan fokus membina sepak bola usia dini, pembenahan organisasi, hingga menggelar kegiatan untuk peningkatan kualitas pelatih dan wasit di Kendal.

Salah tokoh sepak bola Kendal Putut Adi Wibowo mengakui Dokter Bowo pantas dan layak untuk memimpin Askab PSSI Kendal.

“Beliau komitmennya sangat tinggi dan gila bola. Apalagi saya dengar dukungan dari klub-klub mengalir deras,” ujar Putut.

Menurutnya, Dokter Bowo bukan orang baru di sepak bola. Pengalamannya di antaranya pernah menjadi Ketua Umum Persik Kendal tahun 2016-2017 dan pengurus Askab Kendal pada periode lalu.

Sementara Ketua Komite Pemilihan (KP) Askab PSSI Kendal Setya Pribadi mengatakan, pendaftaran untuk calon Komite Eksekutif Askab PSSI Kendal sudah dibuka tanggal 8 hingga 12 April mendatang.

Selanjutnya tahapan pemilihan akan dilaksanakan sesuai Statuta PSSI dan Kode Pemilihan PSSI.

Syarat untuk mendaftar sebagai calon Ketua, Wakil Ketua serta Anggota Komite Eksekutif Askab PSSI Kendal di antaranya berusia minimal 25 tahun dan punya pengalaman minimal 5 tahun di sepak bola di bawah naungan PSSI.

“Kenapa 5 tahun? Karena pengalaman itu penting, apalagi kemarin sepak bola Kendal vakum 2 tahun lebih sehingga KP memutuskan pengalaman harus minimal 5 tahun. Ini juga mengacu pada Statuta PSSI Pusat,” jelas pria yang akrab disapa Didik ini.

Kepengurusan Askab PSSI Kendal habis pada 19 Maret 2022 lalu. Namun karena hingga habis periodesasinya namun tidak juga dilaksanakan Kongres Pemilihan, maka pada 29 Maret 2022 Asprov PSSI Jateng menunjuk Pelaksana Tugas Ketua Askab PSSI Kendal. Dalam hal ini ditugaskan salah satu anggota Exco Asprov PSSI Jateng Danur Rispriyanto.

“Tugas saya menggelar Kongres Pemilihan sesuai Statuta PSSI, agar sepak bola Kendal kembali aktif dan berkembang,” tegas Danur. (*)

Ajie MH.