in

Dibiayai Swasta, Taman MT Haryono Semarang Diresmikan

Taman MT Haryono diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Kamis (13/1/2022). (Dokumentasi Humas Pemkot Semarang)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sejumlah proyek pembangunan taman di Kota Semarang dilakukan menggunakan konsep kerjasama melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau dibiayai oleh swasta. Salah satunya adalah Taman MT Haryono. Taman ini telah diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Kamis (13/1/2022).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi secara resmi membuka Taman MT Haryono, dengan luas sekitar 205 meter per segi di Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur tersebut.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan. Kebetulan pihak ketiga berkenan membuatkan patung yang selaras dengan nama jalannya, maka kemudian di sini dibuatlah patung MT Haryono, karena memang berada di Jalan MT Haryono,” kata Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang tersebut.

Menurutnya, Taman MT. Haryono merupakan salah satu representasi konsep pembangunan bergerak bersama melalui program CSR.  Dia mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terwujudnya Taman MT Haryono sebagai ruang publik.

“Sekaligus sebagai sarana edukasi kepahlawanan nasional, khususnya Jenderal MT Haryono yang termasuk sebagai pahlawan revolusi,” imbuhnya.

Dia berharap masyarakat akan memiliki banyak pilihan tempat publik yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang berinteraksi sosial, refreshing, bersilaturahmi maupun hal-hal positif lain.

“Nantinya taman ini bisa digunakan masyarakat untuk cangkrukan, masyarakat dapat bersosialisasi sekaligus membuat wajah kota cantik dan indah,” ungkapnya.

Dikatakannya, hingga saat ini cukup banyak taman yang dibangun dengan kerja sama pihak swasta. Selain Taman MT Haryono, ada beberapa taman lain di Kota Semarang yang dibangun atas kerja sama dengan pihak swasta yaitu Taman Indonesia Kaya, Taman Piere Tendean, dan Taman Parkour.

“Mudah-mudahan konsep bergerak bersama bisa terus direalisasikan, sehingga kalau semua yang terlibat gotong royong InsyaAllah Kota Semarang akan berkembang dan lebih baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Semarang, Ali menambahkan bahwa ke depan akan menambah beberapa patung yang disesuaikan dengan nama jalan, misalnya di Jalan Dr Cipto. Saat ini, pihaknya mengaku sedang melakukan negosiasi dengan pihak ketiga.

“Mudah-mudahan terlaksana. Tidak sepenuhnya CSR, ada Pemkot juga yang mendanai,” tutur Ali.

Prasetyo Adi selaku perwakilan keluarga MT Haryono mengungkapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah Kota Semarang. “Atas nama keluarga besar Mas Tirto Dharmo Haryono, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkot Semarang, Pak Hendi, CSR dalam hal ini PO Hotel Group yang telah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada keluarga besar MT Haryono,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.