in ,

Cuaca Ekstrim, Masyarakat Diminta Antisipasi Ini

SEMARANG – Hingga Januari 2018, prediksi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih akan terjadi cuaca ekstrim. Hujan deras disertai angin kencang masih sangat berpotensi. Sehingga masyarakat diimbau agar waspada.

Potensi bencana yang patut diwaspadai adalah banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. Selain itu cuaca ekstrim ini memicu gelombang laut tinggi. “Hingga Januari 2018 mendatang, prediksi cuaca masih ekstrim. Sewaktu-waktu, hujan deras disertai angin kencang masih sangat berpotensi besar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Agus Harmunanto, Selasa (12/12).

Agus mengimbau masyarakat waspada dan peduli lingkungan. Apabila mendapati hal-hal mencurigakan di lingkungan sekitar agar segera dilaporkan. “Misalnya ada talud yang retak, rawan longsor, agar segera dilaporkan ke BPBD. Kami akan segera menindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU),” katanya.

Selain itu, warga diminta mengecek kondisi pohon yang rawan tumbang untuk segera dirapikan. Sebab, dalam kondisi angin kencang, pohon-pohon yang rawan tumbang berpotensi membahayakan warga sekitar maupun pengandara yang melintas.

“Termasuk para nelayan agar sementara tidak melaut. Sebab, gelombang air laut sangat tinggi, termasuk angin kencang,” katanya.(Abdul Mughis)

Editor: Ismu Puruhito