in

Covid-19 di Jateng Terus Meroket, DPRD Minta Pemerintah Segera Ambil Langkah

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kasus Covid-19 di Jateng sudah menyentuh angka 10 ribu. Anggota Komisi A DPRD Jateng, Denny Septiviant meminta Pemprov tidak bosan melakukan edukasi kepada masyarakat.

Dia melihat, belakangan ini disiplin prokes di masyarakat sudah menurun. Abainya masyarakat dengan protokol kesehatan dikhawatirkan menimbulkan lonjakan Covid-19 seperti yang terjadi di Malaysia dan India.

“Untuk itu harus kita antisipasi. Gelorakan 5 M dalam kehidupan. Apalagi saat kegiatan hajatan warga ataupun hal lain yang bisa menimbulkan kerumunan,” jelas politisi PKB ini, Senin (7/6/2021).

Denny juga meminta agar eksekutif mempersiapkan langkah-langkah kontigensi, mulai dari sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan. Langkah ini dimulai dari PPKM mikro di setiap wilayah serta 3T untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

“Bahkan yang tak kalah penting, ruang isolasi harus disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19,” ujarnya.

Tidak hanya TNI dan Polri, saat ini semua stakeholder dan masyarakat sama-sama bertugas dalam rangka mengendalikan Covid-19. Denny juga meminta agar sinergitas setiap petugas dengan koordinasi dan kolaborasi dengan lintas sektoral yang ada terus ditingkatkan.

“Antisipasi kegiatan budaya ataupun kearifan lokal di wilayah seperti bersih desa atau sedekah bumi. Jangan sampai terjadi kerumunan yang dikhawatirkan menimbulkan penularan Covid-19,” katanya.

Pengawasan terhadap protokol kesehatan dalam kegiatan masyarakat harus terus dilakukan. Protokol kesehatan bukan karena keterpaksaan, namun karena kebutuhan untuk menjaga kesehatan.

“Jika semua itu bisa kita lakukan, maka Covid-19 bisa kendalikan,” tandasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto