in

Cara Daftar MyPertamina di HP Agar Bisa Beli Pertalite di SPBU

Mulai 1 Juli 2022, seluruh pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar di SPBU wajib menggunakan aplikasi MyPertamina.

Petugas beraktivitas dengan latar depan nosel dan selang Pertalite RON 90 sebelum peluncuran di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta. (antara foto/m agung rajasa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pertamina hanya menjual BBM jenis Pertalite dan Solar kepada masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran di aplikasi MyPertamina.

Aturan ini berlaku mulai 1 Juli 2022. Karena itu, jangan heran jika SPBU tidak melayani pembelian Pertalite atau Solar jika pembeli belum menggunakan MyPertamina.

Pendaftaran MyPertamina terbilang mudah. Semua bisa melakukannya lewat HP yang terhubung dengan internet.

Baca Juga: Aplikasi MyPertamina jadi Syarat Beli BBM Bersubsidi, Berlaku Mulai Juli

Berikut cara daftar MyPertamina agar bisa beli BBM jenis Pertalie atau Solar di SPBU.

  1. Unduh Aplikasi MyPertamina

Download atau unduh aplikasi MyPertamina di Google Play Store bagi yang menggunakan HP berbasis Android, atau di App Store jika menggunakan iPhone. Pastikan smartphone terhubung dengan jaringan internet.

  1. Instal

Setelah mengunduh aplikasi MyPertamina, biasanya akan terinstal di HP secara otomatis.

  1. Ketuk Daftar

Jika sudah terinstal di smartphone, buka aplikasi MyPertamina. Di halaman utama ada piliyan ‘daftar’.

Pendaftaran MyPertamina lewat aplikasi akan butuh beberapa data yang harus diisi. Nama lengkap, nomor telepon aktif, serta PIN 6 digit.

PIN MyPertamina ini dibuat sendiri dan harus diingat. Jika perlu, catat di apikasi ‘Notes’ agar bisa dilihata ketika lupa.

  1. Masukkan Kode OTP

Usai memasukkan data yang dibutuhkan, aplikasi MyPertamina akan mengirimkan kode OTP lewat SMS ke nomer telepon yang dimasukkan di laman pendaftaran. Gunakan kode OTP tersebut untuk melakukan verifikasi aplikasi MyPertamina.

  1. Hubungkan Sarana Pembayaran

Pengguna bisa melakuakan login di aplikasi MyPertamina dan bisa menghubungkan sarana pembayaran lewat menu metode pembayaran pada ikon ‘akun’.

Pengguna bisa memilih metode pembayaran, mulai dari menyambungkan aplikasi LinkAja ataupun mendaftarkan kartu debit dari bank Mandiri, BRI, dan BNI.

Jika memilih LinkAja, pengguna tinggal mengikuti proses yang ada berupa verifikasi lewat kode OTP via SMS. Dari situ, metode pembayaran sudah langsung terdaftar.

  1. Lengkapi Data Diri

Pengguna bisa juga melengkapi data diri di akunnya dengan mengklik menu ‘edit profil’ lalu melengkapi informasi dari nama lengkap, email, nomor KTP, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, hingga alamat lengkap.

Nah, bila sudah melakukan tahap-tahap tersebut artinya akun MyPertamina sudah bisa digunakan untuk membeli BBM jenis Pertalite dan Solar di SPBU lewat aplikasi MyPertamina. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.