in

BMKG: Waspada Hujan Lebat di Jawa-Sumatera

BMKG memperingatkan beberapa provinsi berpotensi mengalami dampaknya seperti banjir yaitu Nusa Tenggara Timur yang masuk dalam kategori siaga.

Warga menggunakan payung untuk menghindari hujan saat melewati kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. (antara foto/akbar nugroho gumay)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang termasuk wilayah di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi pada Sabtu (22/1/2022).

Dalam peringatan dini cuaca di situs BMKG, memperlihatkan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat berada di Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta serta Jawa Timur.

Wilayah lain yang diprakirakan mengalami hujan lebat hari ini yang berada di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara wilayah di Jambi, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan.

Khusus untuk daerah DKI Jakarta, hujan sedang berpotensi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari.

Sementara hujan ringan dapat terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari. Hujan ringan juga berpotensi terjadi pada malam hari di Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Terkait hujan lebat, BMKG memperingatkan beberapa provinsi berpotensi mengalami dampaknya seperti banjir yaitu Nusa Tenggara Timur yang masuk dalam kategori siaga.

Sementara yang masuk kategori waspada dampak hujan lebat pada hari ini adalah Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten dan Bali.

Wilayah lain yang masuk kategori waspada adalah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.