in

BMKG Siapkan Data Cuaca untuk Dukung Perjalanan Kereta Api

Cuaca ekstrem, perubahan iklim dan gempa bumi dapat menjadi faktor risiko yang signifikan dalam operasional kereta api.

Penandatanganan kerja sama BMKG dan PT KAI (foto: dokumentasi BMKG)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan PT.Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) guna mendukung operasional moda transportasi kereta api di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, kerja sama dalam bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika ini diharapkan dapat mengurangi risiko keterlambatan dan gangguan operasional akibat kondisi cuaca yang tidak memadai.

“Kerja sama ini tidak dapat diabaikan. Cuaca ekstrem, perubahan iklim dan gempa bumi dapat menjadi faktor risiko yang signifikan dalam operasional kereta api,” kata Guswanto dalam keterangan resmi BMKG.

Penandatanganan MoU yang diselenggarakan di Gedung INews Tower, Jakarta, Jumat (29/9/2023) tersebut sekaligus memeringati Hari Ulang Tahun ke-78 PT. Kereta Api Indonesia.

“Kerja sama ini tidak hanya akan bermanfaat bagi kedua belah pihak, tetapi juga akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia yang mengandalkan kereta api sebagai salah satu transportasi utama,” tutup Guswanto. (*)

Tri Wuryono