in

Antisipasi Wabah Virus Baru, Jateng Tolak Impor Daging Babi

SEMARANG (jatengtoday.com) – Covid-19 belum mereda, muncul virus baru, yakni G4 EA H1N. Virus baru ini masuk dalam gologan zoonosis. Artinya, virus yang bisa menular dari hewan ke manusia.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Jateng, Lalu M Syafriadi menuturkan, G4 EA ini merupakan turunan dari flu babi. Karena itu, sebagai langkah antisipasi, pihaknya dengan tegas menolak impor babi dari luar negeri.

“Kami menolak impor hewan peternakan dari negara-negara yang terindikasi adanya flu babi. Juga tidak impor produk olahannya,” ucapnya, Rabu (15/7/2020).

Tak hanya impor dalam jumlah besar, Lalu pun mewanti-wanti warga yang datang dari luar negeri, untuk tidak membawa produk babi. Entah daging mentah, olahan, atau makanan dalam bentuk apapun.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pemantauan di beberapa peternakan babi di Jateng. “Ini kami pantau terus peternakan-peternakan di Jateng,” tegasnya.

Lalu juga mengingatkan kepada peternak babi di Jateng agar tidak mendatangkan babi dari luar daerah. “Selain itu, terapkan standar peternakan yang benar. Hewan ternak juga perlu diberi vaksin secara terjadwal,” tandasnya. (sir)

editor: ricky fitriyanto