in

Ancang-ancang Terapkan 5G, Telkomsel Jajal VoLTE

SEMARANG (jatengtoday.com) – Telkomsel tengah melakukan ancang-ancang menerapkan jaringan 5G. Sebelumnya, jaringan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) coba diterapkan dahulu. Jaringan yang diklaim lebih baik dari 4G LTE ini masih dalam tahap soft launch sebagai salah satu milestone dalam memperingati usia ke-25 Telkomsel.

Pada tahap soft launch ini layanan VoLTE dapat dinikmati lebih dari 114.000 pelanggan Telkomsel yang berada di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Surabaya dan menyusul di kota-kota lainnya secara bertahap.

Dirut Telkomsel, Setyanto Hantoro menuturkan, ada tiga kelebihan menggunakan jaringan VoLTE. Pertama, pelanggan akan mendapatkan pengalaman menelepon dengan suara lebih jernih kualitas HD berbasis jaringan 4G LTE. Kedua, layanan VoLTE juga menyambungkan dua penggunanya lebih cepat daripada menggunakan layanan panggilan telepon biasa dan Voice Over Internet Protocol (VOIP).

“Ketiga, melalui layanan VoLTE pelanggan dapat bebas berselancar mengakses layanan internet, streaming video, bermain games, saat tersambung telepon suara,” paparnya, Jumat (29/5/2020).

 Untuk mendukung peluasan jaringan, pihaknya menyiapkan lebih dari 10 ribu BTS VoLTE di seluruh wilayah Jadetabek dan Surabaya yang mampu memberikan pengalaman jaringan berkualitas tinggi dan dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan telepon premium yang berbasis jaringan 4G LTE.

Cara mengaktifkan layanan VoLTE Telkomsel sangat mudah yaitu pelanggan memastikan kartu SIM-nya sudah mendukung jaringan 4G Telkomsel, pelanggan berada di wilayah yang mendapatkan jangkauan VoLTE, lalu memastikan perangkatnya sudah mendukung layanan VoLTE dengan sistem operasi perangkat yang terbaru.

Untuk tahap soft launch ini merek perangkat smartphone yang mendukung jaringan VoLTE Telkomsel adalah Samsung, Huawei, Vivo dan menyusul merek perangkat lainnya.

Setelah memastikan semua langkah tersebut, selanjutnya adalah mengatur layanan VoLTE di menu pengaturan perangkat. Kemudian pelanggan akan melihat logo/tanda VoLTE pada status sinyal bar sebagai tanda bahwa pelanggan sudah dapat menikmati layanan VoLTE Telkomsel. (*)

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.