in ,

AMD Kenalkan Prosesor Ryzen 7000 Series, Sematkan Teknologi AI yang Lebih Canggih

SEMARANG (jatengtoday.com) – AMD mengenalkan prosesor terbarnya, Ryzen 7000 Series di Semarang, Rabu (17/1/2024). Di seri 7000 ini, AMD juga membekali tekonologi AI yang lebih canggih untuk memudahkan pengguna.

Dalam acara di Hotel Quest Semarang ini, AMD mengundang komunitas para generasi milenial dan gen z. Mereka datang dari beragam latar belakang pelajar, pekerja, kreator konten hingga gamer.

Dengan mengangkat tema #BeneranBisa Produktif Bareng AMD, AMD mengajak para komunitas untuk memaksimalkan produktivitas harian dengan memilih perangkat laptop ideal yang handal.

Dalam acara tersebut, AMD mempresentasikan produk AMD Ryzen 7000 Series Processors, benchmark dan Demo AMD Radeon ProRender. AMD juga mengundang Alva Jonathan (Profesional Overclocker & Tech Enthusiast) sebagai pembicara yang akan memberikan demo performa laptop prosesor AMD Ryzen 7000 Series.

Selain itu, ada Mindplace Studio yang merupakan sebuah tim production house, editor video, dan sekaligus juga content  creator  yang akan membagikan pengalaman dalam menggunakan laptop bertenaga AMD Ryzen 7000 Series Processors. Tak kalah serunya, ada pula pertandingan MINI BATTLE TOURNAMENT TEKKEN 7 dengan hadiah menarik total jutaan rupiah.

Dalam acara Community Gathering, tersedia Experience Zone yang terdiri dari Creator Zone, AI Zone, Gamer Zone dan Profesional Zone.

Donnie Brahmandika, Retail & Product Enablement Manager AMD menjelaskan, hadirnya Experience Zone ini adalah untuk menampilkan jajaran lengkap laptop bertenaga AMD Ryzen 7000 Series Processors terbaru, sehingga memberikan pengalaman langsung performa laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen 7000 Series dengan fitur-fitur menarik yang dmiliki kepada semua pengunjung acara.

“Prosesor AMD Ryzen 7000 Series merupakan sebuah jawaban untuk kebutuhan komputasi pengguna masa kini mulai dari gamer kasual, kreator konten, pekerja hybrid hingga profesional, bersama dengan solusi grafis baru yang menghadirkan kekuatan gaming performa tinggi pada laptop tipis dan ringan,” paparnya.

Tak hanya itu, AMD Ryzen 7000 Series Processors terbaru memungkinkan efisiensi daya, kinerja komputasi kencang, serta konektivitas andal yang merupakan esensi dari pengalaman para pengguna.

AI Pertama di Prosesor x86

AMD Ryzen 7040 Series Processors memiliki hardware khusus artificial intelligence (AI) pertama dalam prosesor x86 pada model tertentu yang menghadirkan grafis prosesor PC terkencang di dunia memiliki hingga delapan core “Zen 4” dan grafis AMD RDNA 3.

Selain itu, AMD Ryzen 7040 Series menghadirkan arsitektur AI adaptif dengan AMD XDNA ke komputasi mobile yang memberikan performa lebih untuk penggunaan real-time AI yang lebih sempurna.

Prosesor AMD Ryzen dengan Ryzen AI juga mampu mengungguli CPU Apple M2 hingga 20% sekaligus lebih hemat daya hingga 50%. Performa dan efisiensi ini pada akhirnya menambah pengalaman pengguna real-time yang lebih kaya dalam kolaborasi video, kreasi konten, produktivitas, game, perlindungan keamanan hingga penggunaan hybrid.

Ada pula prosesor AMD Ryzen 7045HX Series terbaru yang merupakan seri tertinggi yang ditujukan untuk para gamer dan professional kreator konten.

“Prosesor ini memiliki 16 core  dan 32 thread yang dibangun di atas teknologi Zen 4 dengan proses 5nm yang canggih dan menampilkan perpaduan kecepatan prosesor yang tinggi untuk pemrosesan yang lebih maksimal,” ungkap Donnie.

Didukung dengan perangkat DDR5 hingga 5600MHz, PCIE-Gen 5.0 serta Cache memory yang lebih besar hingga 80Mb sehingga memungkinkan pengguna merasakan pengalaman komputasi mobile yang optimal dan lebih cepat.

Prosesor AMD Ryzen 7045HX Series sendiri menawarkan performa single-thread hingga 18% lebih cepat dan performa multithread hingga 78% lebih kencang dibandingkan 6900HX dimana menghadirkan lompatan besar bagi para gamer dan profesional kreator dengan mobiltas tinggi.

Sementara untuk segmen form factor paling tipis dan paling ringan, Prosesor AMD  Ryzen 7040HS Series menawarkan performa yang sangat tinggi.

Prosesor yang terintegrasi dengan kartu grafis arsitektur AMD RDNA 3 ini menampilkan hingga 8 core “Zen 4” dan dibangun pada fabrikasi teknologi proses 4nm yang memberikan performa terdepan dan terbaik untuk laptop PC ultrathin.

Prosesor AMD Ryzen 7040HS Series terbaru menawarkan performa multithread hingga 34% lebih cepat dibandingkan kompetitor juga performa gaming hingga 21% lebih cepat dibandingkan kompetitor.

Untuk perangkat ultrathin, AMD hadir dengan jajaran prosesor Ryzen 7040U Series yang menampilkan hingga delapan core dan 16 thread dengan konfigurasi TDP 15W yang dapat dikonfigurasi hingga 30W juga memiliki clockspeed lebih tinggi.

“Sebagai prosesor grafis Radeon terintegrasi, prosesor Ryzen 7040U Series dirancang untuk mentenagai laptop dengan cepat dan efisien,” katanya.

Prosesor AMD Ryzen 7040U juga didukung fitur terbaru Ryzen AI yang memberikan pengalaman komputasi yang lebih sempurna namun dengan efisiensi yang lebih optimal sehingga membuat ketahanan daya baterai jauh lebih lama.

Di Indonesia, AMD Ryzen 7040 Series Processors dan AMD Ryzen 7045 HX Series Processors telah tersedia di berbagai lini laptop gaming ACER, ASUS, HP dan Lenovo. (*)

Ajie MH.