in

1.982 Pemudik via Kapal Laut Kembali Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ribuan pemudik tujuan Jawa Tengah terus berdatangan. Pada H-5 lebaran ini, sebanyak 1.982 pemudik via kapal laut kembali tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (31/5/2019) pagi.

Pemudik bertolak dari Jakarta dengan menumpangi Kapal Dabon Solo selama kurang lebih 15 jam. Kapal jenis ini merupakan transportasi yang disewa Kementerian Perhubungan untuk mengangkut para pemudik gratis.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau kesiapan arus mudik di pelabuhan sekaligus menyambut para pemudik yang datang.

Gubernur pun sempat berbincang dengan pemudik. “Mau pulang ke mana?” tanya Ganjar dengan menggunakan bahasa Jawa. Para pemudik pun menjawab secara berbeda. Ada yang mau ke Solo, Magelang, Purworejo, dan sebagainya.

Menurut Ganjar, program mudik gratis tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang sudah berjalan beberapa tahun lalu. Tujuannya, untuk mengangkut pemudik asal Jateng pulang ke kampung halaman.

“Saya senang karena program ini disambut antusias masyarakat. Lihat saja wajah-wajah para pemudik yang semuanya bahagia. Maka kita dorong masyarakat agar menerapkan pola ini setiap tahunnya,” kata Ganjar.