in

XL Axiata Salurkan Bantuan dan Layanan Gratis di Jatim-NTT

SEMARANG (jatengtoday.com) – Tim PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam badai Siklon Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan gempa bumi di Jatim.

Selain bantuan dalam bentuk barang yang masing-masing telah dikirimkan sejak pekan lalu, XL Axiata juga memberikan layanan bebas biaya untuk telepon dan SMS di area-area yang terdampak kedua bencana tersebut.

Di sisi lain, tim teknis di lapangan terus berjuang untuk memulihkan jaringan yang terdampak bencana, terutama di sejumlah area di NTT.

Baca juga: Gold Pencil dan Keluarga Besar NTT di Semarang Galang Donasi Korban Bencana

Group Head XL Axiata Region East, Dodik Ariyanto mengatakan, pihaknya telah mengirimkan bantuan melalui Posko TNI AL Peduli di Surabaya, berupa sembako dan bahan makanan lainnya, air mineral, obat-obatan, selimut, tikar, dan diapers.

“Mengingat area terdampak bencana di NTT yang sulit dijangkau, baik berupa kepulauan juga banyaknya infrastruktur yang porak poranda, maka kami memutuskan untuk bekerja sama dengan TNI AL. Kapal TNI AL yang mengangkut bantuan tersebut telah berangkat pada 10 April 2021, dan telah sampai dan segera dibagikan di Pulau Lembata, salah satu area yang paling parah dihantam badai pada 14 April 2021,” paparnya dalam siaran pers, Sabtu (17/4/2021).

Selain dalam bentuk barang, XL Axiata juga mencoba meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana dengan layanan bebas biaya dan unlimited untuk menelepon dan SMS.

Jadi, warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesame nomor XL Axiata. Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis.

Baca juga: XL Axiata Uji Coba Teknologi Open RAN di Ambon

Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Program ini berlaku untuk periode 15-18 April 2021 dan berlaku di lokasi bencana, baik di NTT dan Jatim.

Untuk NTT, layanan berlaku di 22 kota/kabupaten di seluruh provinsi tersebut. Sedangkan di Jatim, berlaku di delapan kota/kabupaten yang terdampak gempa.

“Kami berharap, masyarakat dan pelanggan yang di area-area tersebut bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin guna mendukung proses recovery. Tentu layanan gratis ini juga bisa dimanfaatkan oleh aparat membantu pemulihan di kedua daerah,” paparnya.

Ke-22 kota/kabupaten di NTT tersebut adalah Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Alor, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai, Sumba Timur, Sumba Barat, Lembata, Rote Ndao, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Malaka, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Manggarai Barat, Nagekeo, dan Manggarai Timur.

Sementara di Jatim, berlaku di area Kota Malang, Kota Batu, Kota Blitar, Kabupaten Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kabupaten Malang, dan Lumajang.

Baca juga: Operasi SAR Korban Siklon Seroja di NTT Diperpanjang Tiga Hari

Terkait kondisi jaringan pasca bencana di NTT, XL Axiata terus memperluas pemulihan jaringannya di area terdampak bencana.

Pemulihan jaringan listrik dan infrastruktur jalan juga jembatan di banyak area juga sangat membantu pemulihan jaringan telekomunikasi dan data.

Sementara itu, jaringan di wilayah terdampak bencana gempa Jawa Timur tidak sampai mengganggu jaringan XL Axiata. (*)

editor : tri wuryono