in

Wisuda UIN Walisongo Bikin Haru, Ada Orang Tua Gantikan Ambil Ijazah Putranya yang Meninggal

Di tengah upaya melawan kanker yang diderita, Hariyo Triyuli Subagio berhasil menyelesaikan tugas akhir meskipun tidak bisa wisuda.

Rektor UIN Walisongo Prof Imam Taufiq (kanan) menyerahkan ijazah almarhum Hariyo Triyuli Subagio dengan diwakili orang tuanya. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Prosesi wisuda UIN Walisongo Semarang tidak seperti biasannya. Suasana penuh kebahagiaan berubah haru saat ada orang tua yang mewakili anaknya wisuda.

Drs Budiyono dan Siti Lestari menyita perhatian wisudawan ketika melangkah ke panggung wisuda untuk mengambil ijazah anaknya bernama Hariyo Triyuli Subagio.

Keduanya tak kuasa menahan tangis saat Rektor UIN Walisongo Prof Imam Taufiq menyerahkan ijazah di Auditorium 2 Kampus 3 Semarang, Kamis (9/2/2023).

Kata ibunya, Siti Lestari, anak bungsunya semasa hidup mengaku sangat ingin wisuda dan menyampaikan terima kasih kepada dosen atas semua nasihat dan motivasinya, juga telah memahami kondisi sakitnya.

Almarhum Hariyo Triyuli Subagio merupakan mahasiswa jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Ia meninggal pada 23 Januari 2023 karena penyakit kanker paru-paru.

Di tengah perjuangan melawan sakit, Hariyo Triyuli Subagio tetap peduli pada pendidikan.

Ia mampu menyelesaikan penelitian skripsi yang berjudul “Bimbingan Agama Islam untuk meningkatkan Religiusitas Pedagang Asongan di Sekolahan Terminal ‘Sakila Kerti’ Kota Tegal”.

Ketua Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Dr Ema Hidayanti menyampaikan, almarhum meskipun dalam kondisi sakit dan menjalani kemoterapi tetap mengerjakan skripsi dengan baik.

“Biasanya setiap habis pengobatan di rumah sakit selalu bimbingan diantar oleh ayahnya,” ujar Ema.

Dalam momen wisuda, ribuan wisudawan dan tamu undangan dipimpin oleh Wakil Rektor UIN Walisongo sejenak mengajak berdoa untuk mendiang Hariyo.

Perlu diketahui, Prosesi Wisuda UIN Walisongo Semarang periode Februari 2023 diikuti 1518 wisudawan. Peserta wisuda terdiri dari 24 doktor (S3), 74 magister (S2), 1418 sarjana (S1), dan 2 orang ahli madya (D3).

Acara dilaksanakan di Gedung Prof Tgk. Ismail Yaqub Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang pada Kamis (9/2/2023).

Wisuda kali ini dihadiri para masayikh yaitu Syekh Prof Dr. Muhammad Hasan Awd (Dekan Fakultas Syariah Universitas Damaskus), Syekh Prof Dr Abdu Al Fattah Bizm (Mufti Damaskus Surian), Syekh Prof Dr. Muhammad Taufiq Ramadhan Al Buthi (Ketua Persatuan Ulama Surian), dan K.H. Taj Yasin Maimoen (Wakil Gubernur Jawa Tengah). (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar