in

Vespa Elettrica, Motor Listrik Ramah Lingkungan dengan Brand Khas Italia

Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km/jam.

Vespa Elettrica, produk terbaru PT Piaggio Indonesia. (istimewa)

JAKARTA (jatengtoday.com) — PT Piaggio Indonesia memperkenalkan produk terbarunya Vespa Elettrica, sepeda motor listrik ramah lingkungan dengan brand ikonik khas Italia.

“Vespa Elettrica ideal bagi pelanggan yang menghargai perpaduan mobilitas ramah lingkungan dengan gaya hidup premium ala Italia,” ujar Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia, Jumat (11/8/2023).

Dia menjelaskan, Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km/jam. Mobilitas ini didukung optimalisasi sejumlah komponen seperti power unit, vehicle management system, dan baterai.

Vespa Elettrica ditenagai baterai lithium-ion yang modern, mirip dengan smartphone kelas atas. Daya jelajah Vespa Elettrica dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode ECO, serta jarak maksimal 70 km dalam mode Power, berkat fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya.

Fitur itu memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara. Selain itu, untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok dan menyambungkannya ke stop kontak langsung.

Konsumen juga bisa memasangkan kabel ke stasiun pengisi daya publik yang kini jumlahnya semakin bertambah di kota-kota besar. Waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh adalah 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).

Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm. Tenaga sebesar itu bisa dirasakan saat berakselerasi, tergantung pada kebutuhan berkendara.

“Berkendara dengan Vespa Elettrica benar-benar senyap sehingga membantu mengurangi kebisingan kota dan lebih layak huni, mengurangi polusi termasuk polusi suara,” tutur Marco.

Baterai Vespa Elettrica sepenuhnya bebas perawatan, memberikan efisiensi hingga 1000 siklus pengisian penuh. Bahkan setelah itu, baterai masih mempertahankan 80% kapasitasnya dan tetap dapat digunakan dengan sempurna.

Baterai Vespa Elettrica telah memenuhi sertifikasi IP65 yang tahan terhadap debu dan air tekanan rendah. PT Piaggio Indonesia juga memberikan garansi baterai selama 3 tahun. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar