in

Polres Pekalongan Gencarkan Vaksinasi Pelajar dan Door to Door untuk Lansia

Polres Pekalongan saat menggelar vaksinasi untuk para pelajar. (istimewa)

PEKALONGAN (jatengtoday.com) — Program percepatan vaksinasi di wilayah Jawa Tengah terus dilakukan. Tujuannya supaya segera terbentuk kekebalan kelompok agar pandemi Covid-19 bisa berakhir.

Di Kabupaten Pekalongan, pihak kepolisian sedang menggencarkan vaksinasi untuk kalangan pelajar dan santri.

Kapolres Pekalongan AKBP Dr Arief Fajar Satria mengatakan, saat ini di wilayahnya, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah mulai dibuka.

“Karena itu kami membantu mempercepat proses vaksinasi pelajar agar PTM bisa berjalan lancar,” ujar Kapolres dalam keterangannya, Senin (13/12/2021).

Selain itu, Polres Pekalongan juga fokus melaksanakan “vaksinasi door to door”. Vaksinasi dari rumah ke rumah itu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin.

“Terutama bagi orang lanjut usia (lansia) yang kesulitan menuju ke lokasi vaksin, maka kami datangi dan berikan vaksinasi. Sehingga pelayanan vaksin semakin dekat dengan masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Kapolres, pada hakikatnya vaksinasi memang harus dilakukan pada semua kalangan. Hanya saja, kelompok usia anak-anak hingga lansia di Pekalongan dipandang patut diprioritaskan.

Sebelumnya, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi bukan obat yang bisa menyembuhkan Covid-19.

Cara yang efektif mencegah penularan, katanya, bisa dimulai dari membiasakan memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan usahakan menghindari kerumunan. (*)

editor : tri wuryono

Baihaqi Annizar