in

Tunjukkan Inovasi di Tengah Maraknya Isu Jual Beli Ijazah Kampus Abal-abal

SEMARANG (jatengtoday.com) – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berdiri sejak 1990, dengan nama awal STIMIK Dian Nuswantoro. Sejak 2001, secara resmi berubah menjadi Universitas.

Hingga Desember 2018 ini, tercatat kampus ini telah meluluskan sebanyak 28.742 orang terdiri atas diploma, sarjana, dan magister, dari 16 program studi. Secara rinci, diploma berjumlah 9.073, sarjana berjumlah 18.065 dan magister sejumlah 1.604 orang.

Udinus membuktikan mampu bersaing di antara perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berjumlah 4.629 di Indonesia. Bahkan kampus ini terbukti menunjukkan berbagai prestasi inovasi hingga dikenal internasional di tengah maraknya isu kampus abal-abal yang diduga menjalankan praktik jual beli ijazah sarjana.

Rektor Udinus Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko, M.Kom mengatakan Gamelan Elektronik Udinus merupakan produk kreatif, hasil kerjasama antara Udinus dengan Pura Pakualaman Yogyakarta dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) yang mampu memukau dunia.

“Terbaru E-Gamelan telah mampu tampil di ajang Internasional di Festival Dance & Music Of The World, Unesco, Paris Perancis pada tanggal 29 Juli, 2018 lalu,” katanya.

Selain tampil dalam festival tersebut, gamelan elektronik Udinus juga mendapat undangan dari Wali Kota Paris untuk tampil di Carnaval Tropical de Paris di musim panas. “Tak kurang dari 70 ribu orang yang terdiri atas wisatawan dan masyarakat Paris memadati sepanjang jalan Champs-Elysees saat karnaval berlangsung,” katanya.

Tim Udinus yang ditunjuk mewakili Indonesia dalam even tersebut, mengangkat tema ‘Gamelan Goes to the World, Everybody Can Play’. Mereka menampilkan pula tari bedaya dan Tari Jurit Nuswantoro. “Tujuh perempuan penari tampil diiringi E-Gamelanku bersama gamelan asli serta lantunan suara pesinden mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari dunia,” ujarnya.

Kepala Humas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, M.Si, mengatakan hingga Desember 2018 ini, Udinus tercatat telah meluluskan sebanyak 28.742 orang terdiri atas diploma, sarjana, dan magister, dari 16 program studi. Secara rinci, diploma berjumlah 9.073, sarjana berjumlah 18.065 dan magister sejumlah 1.604 orang.

“Wisuda Udinus terakhir ke-64 digelar Jumat (28/11/2018) lalu di Grand Rama Convention Hall Patra Convention Hotel Semarang,” katanya.

Dalam wisuda ke-64 meluluskan 469 mahasiswa dari 16 Program Studi diluluskan.

“Dari total 469 wisudawan kali ini, terdapat delapan mahasiswa yang meraih predikat terbaik sesuai dengan program studi,” katanya. (*)

editor : ricky fitriyanto