in

Transaksi GoShop Selama Pandemi Meningkat Hingga 38,8 Persen

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kolaborasi Gojek dan Pemprov Jateng telah membentuk kebiasaan warga saat pandemi Covid-19. Ada kebiasaan baru dalam berjualan, berbelanja dan pesan-antar makanan secara daring. Termasuk transaksi sehari-hari secara nontunai.

Gojek menggandeng Pemprov Jateng untuk membantu keberlangsungan pendapatan ribuan pedagang di pasar tradisional dan UMKM melalui solusi teknologi layanan GoShop dan GoFood.

Baca: Gojek Klaim Bantu Eksistensi UMKM di Masa Pandemi

Saat ini ada 41 pasar tradisional di 8 kabupaten/kota di Jateng yang terkoneksi dengan GoShop. Adapun peningkatan transaksi melalui GoShop pada masa pandemi 2020 kemarin tercatat sebesar 38,8 persen.

Selain itu Gojek menggandeng Dinas Koperasi dan UKM Jateng untuk membantu meningkatkan transaksi ribuan UMKM dengan memberikan promo khusus yang berhasil menjangkau lebih dari 1.400 UMKM, dengan lebih dari 48 ribu order dan nilai omset mencapai lebih dari Rp1,8 miliar.

Baca: UKM Virtual Expo Kembali Digelar, Kali Ini Khusus Produk Makanan dan Minuman

District Head Gojek Jateng DIY, Ridzky Novasandro menjelaskan, pandemi telah menyadarkan semua orang, termasuk pelaku UMKM tentang pentingnya memanfaatkan platform digital.

“Kami mendukung upaya Pemprov Jateng untuk memberdayakan ribuan UMKM dan para pedagang tradisional melalui solusi teknologi yang efektif dan mampu mendorong keberlangsungan pendapatan dengan cara yang cerdas dan sehat,” jelasnya melalui siaran pers, Selasa (16/2/2021).

Baca: Dukung UMKM, Pengacara Ini Borong Sepeda Lipat Hingga Rp175 Juta

Solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan Gojek membantu pelaku UMKM beradaptasi sehingga bisa bertahan di situasi pandemi. Salah satunya melalui kemudahan migrasi UMKM dari offline ke online, atau mempercepat UMKM untuk go digital.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati memberikan apresiasi kepada Gojek yang secara konsisten melakukan berbagai inisiatif untuk mendukung pemberdayaan UMKM, khususnya yang terdampak pandemi.

Baca: Bank Jateng Dukung Penuh UKM Virtual Expo 2021

“Mereka bisa tetap berusaha dan berkarya. Kami melakukan berbagai program lintas sektor untuk menjaga roda perdagangan terus berjalan, salah satunya dengan mendorong transaksi perdagangan di platform online,” tandasnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto