in

Trafik Data Smartfren Naik 36 Persen saat Lebaran, Paling Tinggi di Permukiman

SEMARANG (jatengtoday.com) – Smartfren mengalami lonjakan trafik data sekitar 36 persen saat Ramadan dan Lebaran lalu. Kenaikan trafik data tersebut tertinggi di wilayah permukiman.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat menjelaskan kenaikan traffic data kali ini sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi.

“Mayoritas kenaikan terjadi di wilayah permukiman, mengingat saat ini tengah diterapkan PPKM dan banyak kegiatan yang dilakukan secara online dari lokasi masing-masing. Misalnya silaturahmi dengan kerabat menggunakan video call, akses media sosial, hingga streaming video,” ucapnya, Kamis (19/5/2021).

Baca juga: Trafik Data Internet Melonjak 25 Persen, Didominasi Video Call

Dikatakan, wilayah yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan akses layanan data ini adalah Jabodetabek dan Jateng. Sedangkan kapasitas dan coverage nasional Smartfren, secara year on year telah berhasil ditingkatkan hingga rata-rata 14 persen sehingga dapat mengatasi peningkatan yang terjadi.

Sebagai antisipasi terhadap kenaikan trafik data tersebut, sebelumnya Smartfren juga menyiagakan Satgas Jaringan dan Network Operations Center (NOC) yang siaga selama 24 jam, sekaligus didukung call centre Smartfren.

Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat.

Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

“Saat momen Idul Fitri kali ini, kami tidak mengerahkan mobile combat BTS sama sekali, karena minimnya mobilitas masyarakat di tengah berlakukan aturan PPKM dan larangan mudik,” paparnya.

Baca juga: Smartfren Sediakan Wadah Kumpulkan Generasi Konten

Selain antisipasi dari sisi jaringan, pihaknya juga memberikan produk yang mendukung berbagai aktivitas pelanggan di bulan Ramadan, yaitu melalui Extra Unlimited Malam Full Speed yang otomatis aktif setiap hari pada jam 01.00 – 05.00 WIB pada saat sahur. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.