in

Tak Sampai 24 Jam, Aduan Jalan Rusak lewat Medsos Langsung Digarap Ganjar Pranowo

Ganjar kemudian mengunggah hasil perbaikan jalan tersebut.

SEMARANG (jatengtoday.com) – Warga Jateng bisa wadul soal jalan rusak lewat media sosial (medsos). Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sengaja mempermudah warganya untuk mengadu agar bisa cepat ditangani.

Seperti aduan jalan rusak yang dilayangkan akun Twitter @Budimaryono, Sabtu (25/6/2023). Akun tersebut memosting foto dan video di akun twitternya.

Video yang dikirim berupa rekaman saat dirinya memberikan tanda menggunakan cat di ruas yang berlubang.

“Nyuwun pangapunten untuk pihak terkait ruas jalan Pantura jl Kalibanger sisi Selatan, atas perbaikan benjolan jalan Di sini sering memakan korban, sementara sudah saya buatkan tanda pakai cat, tp tidak efektif. Cc : @dpupr_pkl @pemkotpkl @ganjarpranowo,” tulis akun tersebut.

Gubernur yang gemar blusukan ini pun segera merespon aduan dan berkoordinasi dengan penanggungjawab jalan yang ternyata merupakan Jalan Nasional. Tak butuh waktu lama, sehari setelahnya perbaikan langsung dilakukan.

Ganjar kemudian mengunggah hasil perbaikan jalan tersebut dan menandai akun @Budimaryono. Lewat dua foto yang disertakan, Ganjar memperlihatkan proses perbaikan dan hasil dari perbaikan jalan.

“Sudah ditangani ya mas. Maturnuwun @puprjalanjtgdiy sudah gercep,” tulis Ganjar dalam keterangan foto.

Respon Ganjar yang cepat menanggapi aduan jalan rusak semacam ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, hal serupa dilakukan Ganjar. Di antaranya aduan kerusakan di Jalan Kamboja, Cilacap. Kala itu bahkan Ganjar menengok langsung proses perbaikannya.

Setelah mendapatkan laporan adanya kerusakan jalan melalui kanal LaporGub dan pada 12 Mei 2023, Ganjar kemudian meninjau langsung ke lokasi. Lima hari kemudian, tepatnya pada 17 Juni 2023, jalan yang rusak telah diperbaiki, bahkan dibetonisasi.

Cerita serupa juga terjadi di Kendal. Saat itu, seorang warga bernama David melaporkan kerusakan jalan ruas Weleri-Sukorejo tepatnya di Desa Pageruyung melalui aplikasi Jalan Cantik pada Senin, 13 Maret 2023.

Selang dua hari kemudian, tepatnya Rabu 15 Maret 2023 lalu, petugas langsung turun dan menambal jalan yang rusak dengan aspal baru.

Tak melulu soal jalan rusak, respon cepat Ganjar terhadap aduan ang diterimanya lewat media sosial juga telah membantu puluhan WNI yang mengalami penipuan kerja di Kamboja.

Selain itu, Ganjar juga merespon cepat aduan terkait fasilitas pendidikan lewat kanal LaporGub. Contohnya bangunan di SDN 1 Karangweder, Kabupaten Grobogan.

Di sana, Ganjar melihat berbagai kerusakan di SD tersebut, atap ruang kelas yang bolong hingga pintu yang lapuk.

Ganjar pun menganggarkan Rp1,5 miliar untuk membangun ulang sekolah tersebut, sementara kegiatan belajar mengajar dialihkan ke rumah para pengajar. (*)

Ajie MH.