in

Sukseskan Pemilu 2024, Mahasiswa Diminta Tak Golput

SEMARANG (jatengtoday.com) – Mahasiswa diminta tidak golput saat Pemilu 2024 nanti. Hal itu dikatakan Ketua acara diskusi Salsabila Nur Syifa saat Forum Injury Time yang digelar di Semarang, Selasa (13/2/2024).

Dia mengajak mahasiswa untuk mengawal pelaksanaan pemilu agar berjalan kondusif, damai, dan tentunya tidak golput.

“Siapapun presiden yang terpilih harus didukung. Mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa yang menentukan arah ke mana bangsa ini dibawa,” ucapnya.

Dia berharap, mahasiswa sekaligus berperan dalam menangkal informasi atau berita bohong alias hoaks.   Mereka harus mampu membedakan berita yang baik dan buruk untuk menjaga demokrasi berjalan dengan baik.

Adapun pada forum bertemakan “Mahasiswa Ayo ke TPS, Pemuda Penentu Pemilu 2024” ini dihadiri sejumlah perwakilan BEM dan mahasiswa dari beberapa kampus di Jawa Tengah.

Beberapa di antaranya Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Universitas Negeri Islam Walisongo (UIN Walisongo).

Kemudian Universitas Muhamdiyah Semarang, Universitas Negeri Islam Raden Mas Surakarta,  Universitas Islam Batik Surakarta, Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang, dan Universitas Ngudi Waluyo, serta Universitas Dian Nuswantoro.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memotivasi pemilih muda untuk berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi Pemilu 2024. Sekaligus menciptakan suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang berintegritas.

Dosen Fakutas Ilmu Sosial Politik (FISIP) UIN Walisongo, Drs Nur Syamsudin MSi yang berkesempatan menjadi pemateri dalam forum itu mengajak mahasiswa agar menggunakan hak pilihnya.

“Pemilu menjadi indikator demokrasi kalau dijalankan secara baik. Golput tidak ada artinya, apapun itu alasan seseorang melakukan golput. Maka gunakan hak pilih dengan datang ke TPS,” ujarnya.

Sementara itu, koordinator BEM Semarang Raya Faris Balya beserta rekan-rekan mahasiswa juga bersama-bersama menyuarakan gerakan mengajak seluruh masyarakat untuk ikut pergi ke TPS dalam agenda menentukan siapa sosok pemimpin Indonesia di tahun ini.

“Semua kandidat presiden dan wakil presiden merupakan putra terbaik bangsa yang sudah meniatkan diri untuk mengadikan kepada Indonesia. Maka masyarakat luas terkhususnya mahasiswa sebagai kaum intelektual harus memilih siapa sosok yang yang berkualitas dan berintegritas untuk memimpin Indonesia selama 5 tahun kedepan, maka ayo pergi ke TPS,” ujar Faris Balya selaku Presiden BEM UIN Walisongo.

Ajie MH.

Tinggalkan Balasan