in

SMP Al Azhar 14 Banyumanik Gembleng Mental Kemandirian Peserta Didik

SEMARANG (jatengtoday.com) – SMP Islam Al Azhar 14 Banyumanik Semarang berupaya menggbleng mental kemandirian peserta didik. Salah satunya dengan menggelar Parade Nusantara & Gelar Karya P5, Sabtu (25/11/2023).

Dalam gelaran ini, para siswa diberi panggung untuk unjuk gigi. Ada juga tempat yang bisa dimanfaatkan siswa untuk berdagang. Menjual aneka camilan atau minuman.

Kepala SMP Islam Al azhar 14 Nur Faizah mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan kurikulum Merdeka yang didalamnya juga terdapat edukasi P5 ( Projek, Penguatan, Profil, Pelajar, Pancasila).

“Dari kegiatan ini, peserta didik juga diakarkan bagaimana membentuk mental kemandirian”, ucapnya di sela-sela acara.

Selain menampilkan pentas seni budaya dan lagu dari setiap perwakilan kelas 8 dan 9. Untuk kelas 7 diberikan edukasi kewirausahaan, menggelar bazar stand kulinari dengan sajian ragam menu dan jajanan khas Nusantara.

“Penampilan pada panggung seni dan budaya menjadi pengembangan bakat peserta didik. Untuk melatih mental kemandirian, peserta didik kami edukasi dengan praktik langsung membuka stand kuliner yang dikelola sendiri, dari sajian kuliner, penjualan hingga tata keuangan”, terang Nur Faizah.

Gelaran ini tak lepas dari peran dan partisipasi para orang tua murid yang tergabung dalam Jamiyyah.

Ika Upaya Ketua Jamiyyah SMP Islam Al Azhar 14, mengatakan, apa pun kegiatan yang terkait pengembangan peserta didik, Jamiyyah siap memberikan kontribusi terbaik kepada sekolah.

“Tentunya Jamiyyah sebagai perkumpulan para orang tua murid, akan terus memberikan kontribusi terbaik untuk mendukung program sekolah dalam pengembangan peserta didik, salah satunya kegiatan ini”, ujar Ika Upaya.

Dari serangkain kegiatan tersebut,  SMP Islam Al Azhar  Banyumanik Semarang, berharap seluruh peserta didik, bisa mengembangkan bakat seni dan kemampuan kewirausahaan kemandirian mental bisa terbentuk sejak masa pendidikan. (*)

Ajie MH.