in

SBY Sebut Demokrat Sedang Bahas Kandidat Pilgub Jateng

UNGARAN (jatengtoday.com) – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bakal calon gubernur Jawa Tengah yang akan diusung dalam Pilgub 2023 saat ini masih dalam pembahasan.

“Untuk Jawa Tengah, calon yang akan diusung masih dalam pembahasan, sabar rumiyin. Nanti dalam dekat segera kita putuskan,” kata SBY, Senin (11/12/2023) di Senyawaa Cafe Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.

SBY mengungkapkan di Jawa Timur, Partai Demokrat sudah mengusung Khofifah Indar Parawansa. “Di Jatim kita sudah ada interaksi langsung dengan bu Khofifah, sehingga kita dukung untuk maju kembali di Pilgub. Nanti dibahas Ketua Umum dan Majelis Tinggi,” terangnya.

Menurut SBY, saat ini yang dilakukan adalah ikhtiar untuk meningkatkan perolehan suara dan kursi Partai Demokrat. “Kita tidak menargetkan presentase, karena tahu disini adalah wilayah dari teman-teman PDIP, jadi partai lain harus ikhtiar dan berjuang agar suara dan kursinya di DPRD meningkat,” paparnya.

“Jadi itu adalah target yang realistis sesuai batas kemampuan. Kalau kursi dan suara meningkat, bisa gandeng partai lain, atau kalau 20 persen kita dorong kader untuk maju jadi wali kota atau wakilnya, bupati atau wakilnya,” kata SBY.

Dia mencontohkan perolehan kursi di DPRD Kota Salatiga yang saat ini sebanyak tiga kursi. “Dari tiga kursi, saya harap nanti jadi lima, ada peningkatan sehingga bisa mengusung calon,” terangnya. (*)

Ajie MH.